Akses Layanan Online BPJS Kesehatan

InfoBPJS.id – Guna mempermudah pesertanya, BPJS Kesehatan turut meluncurkan layanan online yang bisa diakses peserta untuk bisa mendapatkan informasi dan lainnya tanpa harus keluar rumah. Hal ini sejalan dengan imbauan pemerintah yang dimana pada masa pandemi ini, kita sebagai masyarakat perlu mengurangi kontak fisik dengan orang lain agar bisa memutuskan rantai penyebaran Covid-19. Lalu, apa saja akses layanan online yang telah BPJS Kesehatan sediakan tersebut? Berikut ulasan selengkapnya.

Beberapa Akses Layanan Online BPJS Kesehatan

Berikut ada beberapa akses layanan online BPJS Kesehatan yang bisa dipergunakan oleh pesertanya, antara lain adalah:

1. Care Center

Yang pertama ada Care Center dengan nomor 1500400. Layanan ini tersedia selama 24 jam dan siap menerima pengaduan, kritik dan saran seputar JKN-KIS. Tentunya dengan kanal alternatif transaksi ini bisa membantu peserta BPJS Kesehatan yang terkendala untuk mengakses langsung ke kantor cabang.

2. Aplikasi Mobile JKN

Seiring perkembangan teknologi, BPJS Kesehatan pun berinovasi sehingga muncullah aplikasi Mobile JKN yang rilis pada tahun 2017 lalu. Aplikasi Mobile JKN ini memberikan layanan kepada masyarakat dalam mengakses berbagai macam informasi terkait BPJS Kesehatan seperti, cek tagihan, ubah data peserta, pembayaran iuran dan lainnya. Selain itu, ada fitur baru yang ada pada aplikasi Mobile JKN ini, yakni:

  • Skrining Mandiri Covid-19, untuk memantau kondisi kesehatan dengan melihat gejala penularan Covid-19.
  • Ketersediaan Tempat Tidur, untuk mendapatkan informasi mengenai ketersediaan tempat tidur atau ruang rawat inap sebelum datang ke ruang sakit.
  • Program Relaksasi Tunggakan, untuk membantu masyarakat yang telah menunggak tagihan selama lebih dari 6 bulan.
  • Obat Ditanggung, untuk menampilkan daftar obat yang ditanggung BPJS Kesehatan.
  • Jadwal Tindakan Operasi, untuk menampilkan informasi mengenai jadwal tindakan operasi.
  • Konsultasi Dokter, untuk memudahkan peserta dalam melakukan komunikasi ke dokter di tempat FKTP atau Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama.
BACA  Cara Membayar Iuran BPJS Melalui Aplikasi Mobile Cash

4. CHIKA dan PANDAWA

Selanjutnya ada CHIKA dan PANDAWA yang juga merupakan layanan online BPJS Kesehatan. CHIKA atau Chat Assistant JKN dan PANDAWA atau Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp memiliki komitmen yang mendukung pemerintah dalam menjalankan ketentuan PPKM Darurat di masa pandemi Covid-19 ini. Untuk layanan CHIKA, masyarakat bisa mengirim chat Whatsapp ke nomor 08118750400 sedangkan untuk mengakses PANDAWA, peserta perlu mengakses CHIKA terlebih dahulu dan setelah itu baru pilih layanan PANDAWA yang muncul pada menu CHIKA.

Akhir Kata

Itulah beberapa akses layanan online BPJS Kesehatan yang bisa kamu gunakan selaku peserta. Semoga bermanfaat dan dapat menambah informasi untuk semua.