Aplikasi P-Care BPJS Kesehatan Untuk Program Vaksinasi Covid-19

InfoBPJS.id – Sejak 13 Januari 2021, pemerintah resmi memulai program vaksinasi Covid-19 yang bertujuan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Sama. Dan dalam pelaksanaan program tersebut, data penerima vaksin akan langsung diintergrasikan kedalam aplikasi P-Care dari BPJS Kesehatan. Apa itu aplikasi P-Care BPJS Kesehatan? Berikut ulasan selengkapnya mengenai aplikasi P-Care BPJS Kesehatan yang perlu kamu ketahui.

P-Care BPJS Kesehatan

Aplikasi P-Care BPJS Kesehatan ini merupakan bagian pada Sistem Satu Data Vaksinasi Covid-19. Aplikasi ini mendukung proses pencatatan dan juga pelaporan dari pelayanan vaksinasi pada fasilitas kesehatan yang tentu nantinya akan terintegrasi pada tabulasi dan dashboard Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. Dan hingga saat ini setidaknya sudah ada 13.573 fasilitas kesehatan yang sudah terintegrasi dengan P-Care BPJS Kesehatan di seluruh Indonesia.

Penggunaan aplikasi P-Care pada program vaksinasi Covid-19 ini berharap dapat mempermudah program pemberian vaksin terhadap masyarakat dan juga bisa memantau data secara realtime.

Fungsi Aplikasi P-Care BPJS Kesehatan

Berdasarkan penjelasan yang diberikan oleh Direktur Utama BPJS Kesehatan, aplikasi P-Care dari BPJS Kesehatan ini memiliki tiga fungsi utama dalam kegiatan pemberian vaksin, yakni:

  • Mendukung proses registrasi para penerima vaksin Covid-19.
  • Screening status kesehatan dari penerima vaksin Covid-19.
  • Mencatat dan melaporkan hasil pelayanan vaksinasi Covid-19.

Cara Menggunakan Aplikasi P-Care BPJS Kesehatan

Kita harus memiliki username dan pasword terlebih dahulu dengan melakukan pendaftaran pada kantor BPJS terdekat untuk bisa menggunakan aplikasi ini. Dan setelah mendapatkan keduanya, barulah gunakan langkah – langkah berikut ini:

  • Unduh aplikasi P-Care BPJS Kesehatan melalui Play Store atau akses melalui laman P-Care.bpjs-kesehatan.go.id
  • Kemudian masukkan username dan pasword yang telah kamu buat melalui kantor BPJS Kesehatan.
  • Selanjutnya pilih menu pelayanan pada halaman utama.
  • Setelah itu, akan ada 2 pilihan yang muncul yakni pendaftaran dan pelayanan. Kamu bisa memilih pendaftaran jika ingin berobat lalu masukkan pula nomor kartu BPJS Kesehatan dan tap “Cari”.
  • Kamu isi kolom yang kosong dan jika sudah tap “Simpan”.
  • Selanjutnya isi pula data yang diminta pada menu pelayanan.
  • Terakhir ketuk menu “Simpan”.
BACA  Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Secara Online

Itulah ulasan mengenai aplikasi P-Care BPJS Kesehatan yang perlu kamu ketahui. Semoga info dah ulasan ini bermanfaat dan dapat menambah informasi untuk kita semua.