Beberapa Perbedaan KIS dan BPJS Kesehatan

Beberapa Perbedaan KIS dan BPJS Kesehatan

InfoBPJS.id – Artikel ini akan menjelaskan tentang Beberapa Perbedaan KIS dan BPJS Kesehatan. Bagi kamu yang merupakan peserta dari KIS atau BPJS, wajib untuk mengetahui beberapa perbedaan antara kedua layanan tersebut. Berikut ini adalah penjelasan lengkap yang perlu kamu ketahui.

Penjelasan Tentang Kartu Indonesia Sehat (KIS)

Kartu Indonesia Sehat atau yang biasa kita sebut dengan KIS merupakan program yang pemerintah keluarkan untuk membantu rakyat lebih sehat dan sejahtera. Akan tetapi kehadiran KIS ini memang membuat orang kebingungan, sebab saat KIS diluncurkan sudah terdapat program Jaminan kesehatan Nasional yang dikelola oleh BPJS Kesehatan.

Hal itu yang banyak membuat pertanyaan apa perbedaan antara KIS dengan BPJS Kesehatan tersebut.

KIS merupakan kartu yang mempunyai fungsi dalam memberikan jaminan kesehatan pada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis. Peserta dapat menggunakan KIS pada setiap faskes tingkat pertama dan tingkat lanjut.

Peserta yang memegang kartu KIS merupakan peserta yang termasuk dalam kategori warga yang kurang mampu. Bagi masyarakat yang kurang mampu akan menjadi peserta BPJS PBI apabila sudah terdata pada Dinas Sosial Kartu Indonesia Sehat. Kepesertaan PBI akan selalu mendapatkan update sesuai dengan hasil rekonsilasi oleh kementrian sosial setiap enam bulan sekali.

Manfaat Kartu Indonesia Sehat (KIS)

1. Biaya Operasi

Bagi peserta yang menderita penyakit dan membutuhkan tindakan operasi, KIS dapat peserta gunakan untuk menanggung biaya pada operasi tersebut.

BACA  Syarat dan Cara Melepaskan BPJS dari Orang Tua

2. Pelayanan Kesehatan Umum

Peserta dapat menggunakan KIS untuk berobat penyakit umum seperti batuk, flu, sakit gigi, sakit kepala dan lainnya.

3. Pemeriksaan dan Biaya Melahirkan

Khusus ibu hamil yang memerlukan pemeriksaan rutin pada setiap bulannya untuk memastikan kodisi kandungan dan bayi bisa menggunakan KIS untuk mendapatkan tanggungan biaya persalinan.

4. Pemeriksaan Rutin dan Pencegahan Terhadap Penyakit Kronis

Mencegah penyakit kronis merupakan hal yang sangat penting, peserta dapat menggunakan KIS untuk mendapatkan potongan biaya perawatan penyakit ringan hingga berat.

Perbedaan KIS dan BPJS Kesehatan

1. Lokasi Layanan Kesehatan

Bagi kamu yang memiliki layanan KIS, berhak mendapatkan pelayanan kesehatan pemerintah dimana saja seperti puskesmas. Sedangkat BPJS hanya dapat kamu gunakan sesuai dengan faskes yang  tertera pada kartu BPJS Kesehatan.

2. Pembayaran Iuran

Peserta KIS tidak perlu melakukan pembayaran iuran pada setiap bulannya, sebab sudah di tanggung oleh pemerintah. BPJS mengharuskan peserta membayar iuran pada setiap bulannya sesuai dengan faskes yang terdaftar. Pembayaran iuran BPJS dapat kamu bayarkan secara online.

3. Prosedur dan Layanan

Bagi peserta KIS dalam prosedur dan layanan kesehatan tergolong setara dan terpadu. Sedangkan untuk BPJS harus mendapatkan surat rujukan terlebih dahulu dari faskes tingkat pertama apabila membutuhkan perawatan tingkat lanjut.

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan tentang Beberapa Perbedaan KIS dan BPJS Kesehatan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan memudahkan kamu dalam memahami KIS dan BPJS.

You May Also Like

About the Author: admin