Berapa Lama Batasan Waktu Rawat Inap BPJS Kesehatan

Berapa Lama Batasan Waktu Rawat Inap BPJS Kesehatan

Diposting pada

InfoBPJS.id – Masih banyak peserta BPJS Kesehatan yang bertanya-tanya, berapa lama batasan waktu rawat inap menggunakan BPJS Kesehatan? Sejatinya mereka yang menanyakan hal ini masih ragu karena belum mendapatkan penjelasan yang pasti akan hal ini. Namun pada postingan kali ini, kita akan menjelaskan terkait pertanyaan berapa lama batasan waktu rawat inap menggunakan BPJS Kesehatan. Berikut ulasan selengkapnya.

Rawat Inap Menggunakan BPJS Kesehatan

Salah satu fasilitas kesehatan yang bisa dimanfaatkan oleh peserta BPJS Kesehatan adalah layanan rawat inap. Untuk bisa mendapatkan pelayanan rawat inap menggunakan BPJS Kesehatan pun harus sesuai dengan prosedur yang berlaku. Karena jika tidak maka biaya akan ditanggung oleh pasien atau peserta BPJS itu sendiri.

Ada dua kondisi layanan rawat inap menggunakan BPJS Kesehatan dimana syarat dan produsernya berbeda, yakni untuk pasien dengan kondisi non gawat darurat dan pasien untuk kondisi darurat. Adapun perbedaannya sebagai berikut:

  • Pasien Kondisi Non Gawat Darurat

Untuk pasien dengan kondisi non gawat darurat harus mendatangi faskes tingkat pertama terlebih dahulu dan melakukan pemeriksaan. Kemudian pasien akan dirujuk ke faskes tingkat lanjutan apabila dokter menyatakan memang harus dirujuk. Dalam kondisi ini, pasien harus memenuhi syarat dokumen seperti fotokopi E-KTP, KK, kartu kepesertaan BPJS Kesehatan dan surat rujukan dari dokter faskes tingkat pertama. Setelah itu, barulah bisa mendapatkan layanan kesehatan di faskes tingkat lanjutan dan apabila pasien memang perlu dirawat inap maka akan segera ditangani oleh tenaga medis.

  • Pasien Kondisi Gawat Darurat

Sementara itu, untuk pasien dengan kondisi gawat darurat tak lagi memerlukan surat rujukan dari fakes tingkat pertama dan bisa langsung ke ruangan IGD pada faskes tingkat lanjutan untuk mendapatkan tindakan medis. Akan tetapi tetap harus membawa persyaratan dokumen lainnya seperti fotokopi E-KTP, KK dan kartu kepesertaan BPJS Kesehatan. Dan jika pasien tersebut perlu dirawat inap maka akan dilakukan proses administrasi selanjutnya.

BACA  Cara Praktis Bayar BPJS Kesehatan Melalui BRImo

Berapa Lama Batasan Waktu Rawat Inap BPJS Kesehatan?

Untuk peserta yang masih menanyakan berapa lama batasan waktu rawat BPJS Kesehatan maka tidak perlu khawatir karena jawabannya adalah tidak ada batasan waktu. Hal ini dikarenakan BPJS Kesehatan menanggung semua biaya untuk rawat inap hingga pasien benar-benar sudah sembuh dan layak untuk dipulangkan.

Apabila peserta merasa semua prosedur yang dijalankan sudah benar namun merasa pelayanan yang didapatkan tidaklah sesuai maka bisa melaporkan pengaduan terkait pelayanan kesehatan pada faskes terkait dengan menghubungi Call Center BPJS Kesehatan di nomor 1500 400.

Akhir Kata

Sekian pembahasan kita kali ini dan semoga bisa membantu serta menjadi informasi bermanfaat untuk semua.