BPJS Ketenagakerjaan untuk Siswa dan Mahasiswa Magang

BPJS Ketenagakerjaan untuk Siswa dan Mahasiswa Magang

InfoBPJS.id – Bagi siswa dan mahasiswa yang akan melakukan kerja praktek maka bisa merasa tenang karena BPJS Ketenagakerjaan juga bisa memberikan perlindungan asalkan menjadi pesertanya. Hal ini juga bisa memberikan rasa nyaman dan aman bagi siswa magang, orang tua maupun pihak sekolah. Sebab apabila terjadi resiko yang tidak diinginkan selama kegiatan baik itu kecelakaan dalam perjalanan menuju perusahaan tempat magang ataupun kecelakaan kerja pada tempat magang akan mendapatkan perlindungan BPJS Ketenagakerjaan. Lebih jelasnya lagi mari silakan simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Keuntungan BPJS Ketenagakerjaan Bagi Siswa dan Mahasiswa Magang

Tak hanya bagi karyawan, siswa dan mahasiswa magang atau praktek kerja lapangan juga bisa menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Dengan didaftarkannya para siswa menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan tentu akan memberikan perlindungan, rasa nyaman serta aman baik untuk siswa magang, orang tua maupun pihak sekolah.

Peserta magang, tenaga honorer, peserta pendidikan pengembangan bakat dan minat hingga siswa dan mahasiswa kerja praktek yang dikerjakan dalam proses pendidikan dan pelatihan bisa mendapatkan program jaminan sosial ketenagakerjaan. Mereka bergabung menjadi peserta BPU atau Bukan Penerima Upah. Dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, siswa atau mahasiswa yang melakukan kerja praktek bisa mendapatkan jaminan kecelakaan kerja hingga jaminan kematian.

Cara Mendaftarkan Siswa dan Mahasiswa Magang

Calon peserta BPU ini bisa melakukan pendaftaran melalui beberapa cara berikut ini, yakni:

  • Melalui pendaftaran online mandiri di website resmi BPJS Ketenagakerjaan.
  • Melalui kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat.
  • Melalui SPO atau Service Point Office Bank yang memiliki kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan seperti Bank BNI, Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BTN hingga Bank BJB.
  • Melalui aplikasi Perisai.
  • Melalui Agen Perbankan seperti Agen46, BRILink.
  • Melalui Kantor Pos, Agen Pos dan aplikasi Pospay.
  • Melalui aplikasi LinkAja.
  • Melalui aplikasi dan website Cermati.com.
BACA  Cara Daftar EPS BPJS Ketenagakerjaan

Selain beberapa cara tersebut, calon peserta BPU juga bisa melakukan pendaftaran secara berkelompok melalui wadah yang telah bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan. Namun khusus untuk BPU peserta magang, tenaga honorer, siswa dan mahasiswa kerja praktik yang perkerjakan dalam proses pendidikan dan pelatihan. Maka pendaftaran bisa oleh pemberi kerja atau badan usaha melalui kantor cabang terdekat.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan mengenai BPJS Ketenagakerjaan untuk siswa dan mahasiswa magang. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi tambahan informasi untuk semua.

You May Also Like

About the Author: admin