Cabut Gigi Susu Gratis Dengan BPJS

Cabut Gigi Susu Gratis Dengan BPJS

Diposting pada

InfoBPJS.id – Ketika anak memasuki usia 6 hingga 7 tahun, biasanya gigi susu mereka akan tanggal dengan sendirinya. Namun ada beberapa kejadian yang mengharuskan untuk mencabut gigi susu anak sendiri meski gigi tidak goyang. Sebagian orang tua mungkin memilih untuk mencabut gigi susu anak sendiri, tapi tak semua orang tua berani dan yakin untuk melakukannya sendiri. Agar lebih aman, maka orang tua pun bisa memeriksakan anak ke dokter gigi. Bagi peserta BPJS juga bisa cabut gigi susu secara gratis dengan BPJS Kesehatan. Bagaimana caranya? Berikut ulasan selengkapnya.

Layanan Cabut Gigi Gratis BPJS

Salah satu layanan yang ditanggung oleh BPJS adalah pencabutan gigi susu atau gigi sulung. Bagi orang tua yang terdaftar sebagai BPJS Kesehatan maka bisa mendaftarkan anaknya sehingga bisa mendapatkan perawatan gigi ini secara gratis. Pelayanan ini meliputi pemeriksaan hingga pasca pencabutan gigi. Semua bisa didapatkan apabila memenuhi syarat yang berlaku.

Selain karena gigi sulung harus dicabut agar tidak terjadi penumpukan gigi yang bahkan bisa berisiko munculnya masalah kesehatan, ada beberapa kondisi lainnya yang membuat gigi susu harus dicabut, seperti:

  • Adanya karies atau lubang gigi yang tidak bisa mendapatkan tindakan penambalan lagi sehingga mengakibatkan kerusakan pada gigi hingga mencapai akar gigi.
  • Gigi susu yang memang sudah seharusnya tanggal tapi belum juga tanggal hingga gigi tetap muncul.
  • Gigi susu yang mengalami infeksi pada bagian interradikular dan periapikalnya sehingga tak bisa dirawat lagi.
  • Gigi susu yang mengalami gangguan pertumbuhan dan menghalang tumbuhnya gigi tetap.
BACA  Cara Bayar Iuran BPJS Kesehatan Autodebet

Syarat Cabut Gigi Susu Dengan BPJS

Sama halnya dengan perawatan gigi lainnya, cabut gigi susu dengan BPJS juga memiliki prosedur yang sama yakni melalui sistem rujukan berjenjang. Sebelumnya pasien harus melakukan pemeriksaan awal hingga pemeriksaan pemindaian menggunakan sinar X pada faskes tingkat pertama.

Apabila dari pemeriksaan terlihat ada yang tak beres maka dokter akan memberikan penanganan khusus atau bisa juga memberikan surat pengantar rujukan. Pada faskes tingkat lanjut inilah pasien akan mendapatkan penanganan berupa pencabutan atau bisa saja hanya pengobatan dari spesialis yang bersangkutan.

Prosedur Cabut Gigi Susu Gratis Dengan BPJS

Adapun prosedur cabut gigi susu gratis dengan BPJS adalah sebagai berikut:

  • Mendatangi faskes tingkat pertama yang tertera pada kartu kepesertaan BPJS.
  • Pada faskes tingkat pertama tersebut, pasien akan mendapatkan pemeriksaan kesehatan atau pemberian tindakan bahkan bisa juga pengobatan. Namun jika perlu tindakan lanjut maka pasien akan mendapatkan rujukan ke faskes tingkat lanjutan.
  • Dengan membawa kartu kepesertaan BPJS, maka pasien bisa melakukan pemeriksaan hingga mendapatkan tindakan pencabutan gigi susu secara gratis.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan mengenai cabut gigi susu gratis dengan BPJS. Semoga postingan kali ini bisa bermanfaat dan menjadi tambahan informasi untuk semua.