Cara Autodebit BPJS Kesehatan Tanpa Rekening Bank

InfoBPJS.id – Jika sebelumnya kita telah membahas mengenai cara autodebit BCA untuk iuran BPJS Kesehatan, maka kali ini kita akan membahas mengenai cara autodebit BPJS Kesehatan tanpa rekening bank. Tentunya ini akan sangat membantu kamu yang tidak memiliki rekening bank. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan selengkapnya yang patut untuk kamu simak.

Autodebit BPJS Kesehatan Tanpa Rekening Bank

Seperti yang kita tahu bahwa BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan memiliki fitur pembayaran autodebit yang mampu membuat peserta membayar tagihan tepat waktunya. Sebab jumlah dana yang sesuai dengan tagihan iuran BPJS kesehatan akan ditarik secara otomatis dari rekening pada waktu yang telah ditentukan.

Dengan begitu tentunya peserta tidak akan terlambat membayar iuran yang biasanya paling lambat harus dibayarkan sebelum tanggal 10 untuk setiap bulannya hingga akhirnya membayar denda. Untuk fitur autodebit ini BPJS Kesehatan pun telah bekerja sama dengan sejumlah bank seperti bank Mandiri, BRI, BNI, BCA, BTN, Citibank, PaninBank dan Bank Jateng.

Namun meski demikian, tidak semua peserta memiliki rekening bank sehingga akhirnya memilih tidak menggunakan fitur autodebit. Padahal ada alternatif lain yang bisa kita lakukan untuk tetap mendaftarkan autodebit BPJS Kesehatan tanpa rekening bank, yakni melalui aplikasi Mobike JKN.

Cara Autodebit BPJS Kesehatan Tanpa Rekening Bank

Dan adapun cara untuk bisa melakukan pendaftaran autodebit melalui aplikasi Mobile JKN adalah sebagai berikut ini:

  • Login pada aplikasi Mobile JKN menggunakan akun kamu.
  • Setelah berhasil login pada tap menu “Tagihan”.
  • Lanjutkan dengan tap fitur “Pendaftaran Autodebit”.
  • Kemudian lanjutkan dengan tap opsi “Autodebit”.
  • Selanjutnya kamu pilih “Non Bank Fintech” untuk melakukan pendaftaran autodebit bukan bank, lalu lakukan registrasi dengan mengikuti langkah – langkah selanjutnya sesuai petunjuk.
  • Terakhir tap menu “Tambah” untuk menambahkan peserta yang akan di autodebit.
BACA  Cara Bayar Iuran BPJS Kesehatan di Tokopedia

Dengan begitu kamu telah berhasil melakukan pendaftaran autodebit BPJS tanpa rekening bank. Kamu bisa melakukan top up melalui PT. Pos Indonesia maupun Alfamart.

Demikianlah cara yang bisa kamu coba gunakan padaa aplikasi Mobile JKN. Bagaimana? Mudah bukan? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya.