Cara Bayar BPJS Ketenagakerjaan Melalui EPS

InfoBPJS.id – Salah satu cara yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran BPJS Ketenagakerjaan adalah melalui EPS atau E-Payment System. Selain mudah, cara ini bisa dilakukan tanpa harus keluar rumah ataupun kantor. Bagaimana caranya? Mari langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini yang akan membahas cara bayar BPJS Ketenagakerjaan melalui EPS.

Bayar BPJS Ketenagakerjaan Melalui EPS

EPS atau E-Payment System merupakan layanan yang disediakan oleh BPJS Ketenagakerjaan untuk mempermudah peserta dalam melakukan pembayaran. Dengan EPS, BPJS Ketenagakerjaan membuat sistem yang transparan dan memiliki tata kelola yang baik demi menjaga kenyamanan para peserta BPJS Ketenagakerjaan. Proses pembayaran bisa lebih mudah dan sesuai dengan program yang peserta ikuti.

Untuk bisa melakukan pembayaran BPJS Ketenagakerjaan melalui EPS, ada beberapa langkah yang harus dilakukan, yakni mendaftarkan BPJS Ketenagakerjaan perusahaan melalui EPS, kemudian membuat kode iuran dana setelah itu barulah bisa melakukan pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan.

Cara Mendaftarkan BPJS Ketenagakerjaan Perusahaan Melalui EPS

Adapun cara mendaftarkan BPJS Ketenagakerjaan perusahaan melalui EPS adalah sebagai berikut:

  • Langsung saja buka laman resmi EPS BPJS Ketenagakerjaan di eps.bpjsketenagakerjaan.go.id/daftar melalui browser yang biasa kamu gunakan.
  • Kemudian kamu harus mengisi kolom yang ada yakni NPP atau Nomor Pendaftaran Perusahaan, alamat email perusahaan dan kode keamanan lalu tap “Registrasi”.
  • Lanjut dengan pilih perusahaan dan apabila NPP belum terdaftar maka akan muncul opsi “Pilih Perusahaan Anda”. Kamu masukkan nama kontak perusahaan kamu dan tap NPP yang akan kamu daftarkan.
  • Setelah itu lakukan aktivasi akun dengan membuka email dari BPJS Ketenagakerjaan dan tap link yang ada di dalamnya.
  • Terakhir, akan muncul laman login yang mana kamu bisa memasukkan alamat email dan password yang telah kamu buat sebelumnya.
BACA  Mengatasi NIK Tidak Valid di BPJS Ketenagakerjaan

Cara Membuat Kode Iuran

Setelah berhasil melakukan pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan perusahaan melalui EPS, maka selanjutnya adalah dengan membuat kode iuran yang akan digunakan setiap bulannya untuk melakukan pembayaran BPJS Ketenagakerjaan perusahaan selanjutnya. Adapun cara membuat kode iuran yang bisa kamu ikuti adalah sebagai berikut:

  • Login pada laman EPS BPJS Ketenagakerjaan lalu tap opsi “Pilih Perusahaan Anda” yang ada di daftar perusahaan.
  • Lanjut dengan tap “Buat Kode Iuran”.
  • Terakhir isi Form Rincian Iuran dan tap “Prosesnya Iuran”. Selesai, dengan begitu kamu akan mendapatkan kode iuran.

Cara Bayar BPJS Ketenagakerjaan Melalui EPS

Jika kamu telah berhasil mendaftarkan BPJS Ketenagakerjaan perusahaan melalui EPS dan membuat kode iuran, maka selanjutnya kamu sudah bisa melakukan pembayaran BPJS Ketenagakerjaan melalui EPS. Adapun caranya sebagai berikut:

  • Datangi salah satu ATM bank yang telah bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan, misalnya Bank BRI, BNI, Mandiri dan lainnya.
  • Selanjutnya tap opsi “Bayar/Beli” lalu tap opsi “BPJS” dan tap “BPJS Ketenagakerjaan”.
  • Lanjut dengan pilih opsi “e-payment” dan masukkan kode iuran.
  • Pastikan kode iuran, nama perusahaan, NPP, bulan iuran dan jumlah total iuran BPJS telah seusia.
  • Jika sudah maka kamu bisa melakukan pembayaran.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan mengenai cara bayar BPJS Ketenagakerjaan melalui EPS. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi tambahan informasi untuk semua.