Cara Bayar Penangguhan Pembayaran BPJS Kesehatan

InfoBPJS.id Cara Bayar Penangguhan Pembayaran BPJS Kesehatan. Berbagai macam keuntungan bisa didapatkan oleh masyarakat yang mengikuti program BPJS Kesehatan dan yang paling utama adalah pengobatan gratis untuk hampir semua jenis penyakit. Oleh sebab itu, bagi yang belum mendaftar maka segeralah daftar agar bisa menikmati layanan kesehatan dari BPJS Kesehatan. Namun sebelumnya, peserta baru harus melakukan pembayaran premi pertama untuk mengaktifkan kepesertaannya.

Akan tetapi yang terjadi belakangan ini, peserta baru yang hendak mengaktifkan kepesertaannya dengan melakukan pembayaran iuran harus mengalami kendala penangguhan pembayaran. Pada postingan sebelumnya kita juga telah membahas penyebab dan cara mengatasi penangguhan pembayaran BPJS Kesehatan, namun kali ini kita akan membahas cara bayar penangguhan pembayaran BPJS Kesehatan. Nah, bagi kamu yang tengah mengalami hal tersebut maka simaklah ulasan selengkapnya berikut ini.

Bayar Penangguhan Pembayaran BPJS Kesehatan

Mungkin sebagian dari kita masih banyak yang belum mengetahui apa yang dimaksud dengan penangguhan pembayaran BPJS Kesehatan, jadi tak ada salahnya untuk kembali kita membahasnya sedikit. Jadi, penangguhan pembayaran BPJS Kesehatan ini merupakan pembayaran yang ditunda sepenuhnya atau sebagian karena alasan keuangan dan seringnya terjadi pada peserta baru BPJS Kesehatan.

Umumnya, untuk mengatasi penangguhan pembayaran ini peserta bisa melakukan beberapa langkah, seperti memeriksa kepesertaan dan menunggu tiba waktunya pembayaran. Namun seringnya peserta yang mengalami penangguhan pembayaran BPJS Kesehatan ini tidak mengetahui cara membayarnya, padahal ini sangat penting agar kepesertaannya bisa segera diaktifkan.

Cek Penangguhan Pembayaran BPJS Kesehatan

Sebelum melakukan penangguhan pembayaran, maka ada baiknya peserta melakukan cek terlebih dahulu untuk memastikannya. Bisa melalui website resmi BPJS Kesehatan, aplikasi Mobile JKN ataupun pesan SMS. Untuk yang ingin mengecek dengan pesan SMS bisa mengirim pesan dengan format NIK(spasi)Nomor_KTP atau NOKA(spasi)Nomor_Kartu_BPJS lalu kirim ke nomor 0877775500400.

BACA  Cara Menggunakan Edabu BPJS Kesehatan

Cara Bayar Penangguhan Pembayaran BPJS Kesehatan

Untuk bayar penangguhan pembayaran BPJS Kesehatan kita bisa menggunakan berbagai cara, seperti berikut ini:

  1. Melalui ATM

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Langsung saja masukkan kartu ATM kamu ke mesin ATM.
  • Kemudian pilih Bahasa Indonesia lalu masukkan PIN kartu ATM kamu.
  • Selanjutnya pilih “Bayar/Beli”.
  • Setelah itu pilih “BPJS” lalu “BPJS Kesehatan”.
  • Lanjut dengan pilih “BPJS Kesehatan Keluarga”.
  • Masukkan nomor kartu BPJS dan nominal pembayaran.
  • Terakhir tekan “Ya” dan selesai. Kamu akan menerima struk sebagai bukti pembayaran.
  1. Melalui M-Banking

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Mobile Banking kamu, baik itu BRImo, Livin Mandiri, BNI Mobile dan lainnya.
  • Kemudian pilih “Bayar” lalu pilih “Asuransi”.
  • Lanjut dengan pilih “BPJS Kesehatan”.
  • Setelah itu, masukkan nomor virtual account BPJS Kesehatan kamu lalu cek jumlah bulan yang akan dibayarkan.
  • Terakhir, masukkan PIN aplikasi M-Banking kamu. Dengan begitu kamu telah berhasil membayar penangguhan pembayaran BPJS Kesehatan.
  1. Melalui Indomaret/Alfamart

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Kunjungi Indomaret atau Alfamart terdekat lalu sampaikan tujuan kamu yakni ingin membayar BPJS.
  • Selanjutnya berikan nomor kartu kepesertaan BPJS Kesehatan kamu.
  • Terakhir, bayar sesuai nominal yang disebutkan oleh kasir. Selesai, dengan begitu kamu akan menerima struk sebagai bukti pembayaran.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan mengenai cara bayar penangguhan pembayaran BPJS Kesehatan yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.