Cara Berobat Skizofrenia Gratis Menggunakan BPJS

Cara Berobat Skizofrenia Gratis Menggunakan BPJS

InfoBPJS.id – Tentunya kita sudah tahu bahwa BPJS menanggung hampir semua jenis penyakit, tak terkecuali dengan skizofrenia. Hingga kini masih banyak orang yang tak tahu bahwa penyakit kejiwaan ini juga bisa dilakukan dengan menggunakan BPJS. Padahal tak perlu mengeluarkan biaya apapun alias gratis. Nah, jika kamu satu dari sekian orang yang belum tahu cara berobat skizofrenia gratis menggunakan BPJS maka silakan simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Berobat Skizofrenia Gratis Menggunakan BPJS

Skizofrenia merupakan gangguan kejiwaan kronis saat pengidapnya mengalami halusinasi, delusi, kekacauan dalam berpikir dan juga perubahan sikap. Meski hingga kini belum ditemukan secara pasti apa penyebab dari skizofrenia. Namun ada beberapa gejala psikosis yang ditunjukkan seperti kesulitan membedakan antara kenyataan dengan pikiran dalam diri sendiri. Seringnya kondisi ini dialami oleh orang pada usia 18 hingga 30 tahun.

Bagi peserta BPJS yang mengalami skizofrenia juga bisa mendapatkan layanan kesehatan dari program BPJS. Mulai dari akses pengobatan yang bisa dalam bentuk rehabilitasi medis dan konseling psikolog pada faskes yang sesuai indikasi medis serta indikasi dokter, perawatan psikiater hingga obat-obatan yang dibutuhkan. Semua layanan kesehatan dan perawatan untuk pasien skizofrenia bisa didapatkan peserta BPJS secara gratis.

Cara Berobat Skizofrenia Gratis Menggunakan BPJS

Adapun cara berobat skizofrenia menggunakan BPJS adalah sebagai berikut ini:

  • Datangi Faskes Tingkat Pertama, pastikan faskes yang terdaftar pada kepesertaan kamu memiliki poli jiwa atau layanan psikolog. Jika tidak ada maka kamu bisa meminta surat rujukan untuk mendapatkan layanan poli jiwa pada faskes tingkat lanjutan.
  • Lakukan konsultasi, kamu bisa melakukan konsultasi pada layanan psikolog atau poli jiwa yang ada pada faskes tingkat pertama atau bisa juga pada faskes tingkat lanjutan yang menjadi rujukan.
  • Ambil Rujukan Obat, setelah melakukan konsultasi maka profesional kesehatan jiwa akan melakukan pemeriksaan berdasarkan keluhan serta melakukan serangkaian tes guna mendapatkan diagnosa. Apabila bisa dilakukan rawat jalan maka psikiater akan memberikan obat khusus. Namun jika dibutuhkan penanganan lanjut maka pasien akan dirujuk ke faskes tingkat lanjut untuk mendapatkan layanan rawat inap ataupun perawatan lebih lanjut.
BACA  Cara Mendapatkan Operasi Usus Buntu Gratis Dengan BPJS

Akhir Kata

Demikianlah ulasan mengenai cara berobat skizofrenia gratis menggunakan BPJS. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi tambahan informasi untuk semua.

You May Also Like

About the Author: admin