Cara Cek Kartu JKN KIS PBI JK Masih Aktif atau Tidak

Cara Cepat Bayar Iuran BPJS Kesehatan dengan Gopay

InfoBPJS.id – Peserta JKN bisa melakukan pengecekan apakah JKN KIS PBI JK miliknya masih aktif atau tidak, secara online tanpa harus mendatangi kantor BPJS Kesehatan. Adapun caranya akan kita bahas pada postingan kali ini, sebab kita akan membahas cara cek kartu JKN KIS PBI JK masih aktif atau tidak. Untuk selengkapnya, mari langsung saja simak ulasan berikut ini.

Cek Kartu JKN KIS PBI JK

Sebagai informasi, peserta JKN atau Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat Bantuan KIS atau Kartu Indonesia Sehat PBI atau Penerima Bantuan Iuran JK atau Jaminan Kesehatan perlu melakukan pengecekan secara rutin. Apakah mereka masih terdaftar aktif atau tidak. Dan ini bisa dilakukan secara online tanpa perlu mendatangi kantor BPJS Kesehatan.

JKN KIS PBI JK sendiri merupakan kartu identitas untuk peserta BPJS gratis penerima bantuan iuran dari pemerintah. Berbeda dengan keanggotaan BPJS Kesehatan mandiri, iuran bulanan untuk pemegang KIS PBI JK dibayarkan oleh pemerintah ke bantuan iuran yang diberikan sebesar Rp. 42 ribu perbulannya.

Kepesertaan KIS PBI JK ini akan selalu diperbaharui setiap 6 bulan sekali sesuai dengan hasil rekonsiliasi dari Kementerian Sosial. Untuk warga masyarakat yang awalnya memegang KIS dan sudah masuk dalam kategori warga mampu, maka kartu PBI akan dinonaktifkan. Dan jika kartu KIS PBI JK miliknya sudah tidak aktif, maka masyarakat bisa mengaktifkannya kembali atau beralih ke program BPJS Kesehatan mandiri.

Sehingga baiknya, masyarakat yang sudah lama menjadi pemegang kartu JKN KIS PBI JK rutin melakukan pengecekan untuk mengetahui masih aktif atau tidak. Ini bertujuan untuk berjaga-jaga sebelum digunakan kembali, karena bisa saja KIS PBI JK sudah dinonaktifkan tanpa sepengetahuan sebab sudah masuk dalam kategori warga mampu.

BACA  Alat – Alat Kesehatan Yang BPJS Kesehatan Tanggung

Cara Cek Kartu JKN KIS PBI JK Masih Aktif atau Tidak

Untuk melakukan cek aktif tidaknya kartu JKN KIS bisa dilakukan secara online melalui ponsel. Adapun caranya sebagai berikut.

1. Melalui WhatsApp

  • Hubungi Call Center BPJS Kesehatan, Chika di nomor WhatsApp 0811 8750 400.
  • Setelah dibalas, kamu klik Informasi lalu pilih bagian Cek Status Peserta.
  • Ketikkan nomor KTP atau nomor BPJS Kesehatan yang ingin kamu cek statusnya.
  • Masukkan juga tanggal lahir dengan format TahunBulanTanggal.
  • Dengan begitu kamu bisa mengetahui status penerima atau tidak.

2. Melalui SMS

  • Buka aplikasi SMS pada ponsel kamu.
  • Ketikkan NIK atau nomor KIS kamu.
  • Lalu kirim ke nomor 087775500400
  • Dengan begitu kamu bisa mengetahui status penerima atau tidak.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan mengenai cara cek kartu JKN KIS PBI JK masih aktif atau tidak. Semoga bermanfaat dan bisa membantu kamu yang sedang membutuhkan informasi ini.

You May Also Like

About the Author: admin