Cara Cek KIS Aktif atau Tidak Secara Offline dan Online

InfoBPJS.idCara Cek KIS Aktif atau Tidak Secara Offline dan Online. Jika dulu kita mengenal JAMKESMAS atau JAMKESDA, maka sekarang ini telah digantikan dengan KIS atau Kartu Indonesia Sehat. KIS ini diperuntukkan bagi peserta PBI atau Penerima Bantuan Iuran yang mana iurannya dibayarkan oleh pemerintah. Untuk mengetahui aktif atau tidaknya kartu KIS, peserta bisa melakukannya sendiri baik secara offline maupun online. Adapun caranya akan kita bahas pada ulasan selengkapnya berikut ini.

Manfaat dari KIS

Seperti yang telah kita sebutkan bahwa peserta KIS atau Kartu Indonesia Sehat adalah peserta PBI yang iuran setiap bulannya dibayarkan oleh pemerintah. Hingga saat ini, daftar nama penerima KIS pun semakin bertambah seiring kebutuhan masyarakat untuk berobat di berbagai fasilitas kesehatan. Selain untuk mendapatkan layanan pada fasilitas kesehatan, KIS juga memberikan manfaat lainnya seperti:

  • 1. Peserta KIS PBI tidak dibebankan iuran bulanan.
  • 2. Peserta bisa memperoleh layanan kesehatan dari lokasi manapun.
  • 3. Peserta bisa mendapatkan layanan kesehatan dari puskesmas, rumah sakit ataupun klinik yang bekerja sama dengan JKN.
  • 4. Peserta tidak memerlukan surat rujukan khusus untuk mendapatkan layanan kesehatan pada faskes tingkat pertama.
  • 5. Dapat digunakan untuk berobat secara gratis dan tidak ada biaya pendaftaran.

Cara Cek KIS Aktif atau Tidak

Untuk memastikan kepesertaan KIS tetap aktif atau tidak maka peserta perlu melakukan pengecekan secara berkala. Jangan sampai saat hendak digunakan untuk berobat, kepesertaan sudah tidak aktif lagi. Adapun cara untuk cek KIS aktif atau tidak bisa kita lakukan secara offline maupun online, yakni sebagai berikut:

BACA  Perbedaan BPJS Kesehatan dengan Asuransi Swasta

1. Secara Offline

Kamu bisa cek aktif tidaknya KIS kamu dengan menanyakan langsung ke fasilitas kesehatan seperti klinik, puskesmas ataupun rumah sakit. Cukup berikan nomor KIS dan juga nama lengkap maka petugas akan mengeceknya. Atau kamu juga bisa mendatangi langsung kantor BPJS Kesehatan terdekat untuk menanyakan informasi mengenai kepesertaan KIS kamu. Antri dan tunggu hingga giliran kamu tiba maka kemudian petugas akan menanyakan nomor KIS dan juga informasi data diri untuk verifikasi.

2. Secara Online

Selain dengan cara offline, kamu juga bisa cek KIS kamu aktif atau tidak dengan cara online, seperti:

1. Melalui JKN Mobile

Kamu bisa menginstall dan login menggunakan akun kamu lalu masukkan data peserta. Dengan begitu kamu bisa melihat informasi terkait kepesertaan KIS kamu dan semua jenis layanan yang bisa kamu gunakan.

2. Melalui Situs Resmi BPJS Kesehatan

Jika tak ingin menambahkan aplikasi pada perangkat, kamu juga bisa mengakses website resmi BPJS untuk mengecek kepesertaan KIS kamu. Cukup dengan buka laman bpjs-kesehatan.go.id lalu masukkan nomor kartu beserta tanggal lahir. Maka dengan begitu kamu bisa melihat informasi mengenai kepesertaan KIS kamu.

3. Menghubungi Care Center BPJS Kesehatan

Kamu juga bisa menghubungi care center BPJS Kesehatan di nomor 1500400 untuk mengetahui aktif tidaknya KIS kamu. Namun pastikan kamu memiliki pulsa yang cukup untuk menggunakan cara ini.

4. Menggunakan SMS Gateway

Cukup dengan siapkan nomor NIP, KTP ataupun kartu BPJS untuk memeriksa aktif tidaknya KIS kamu dengan menggunakan SMS Gateway. Adapun formatnya jika menggunakan data kartu BPJS Kesehatan adalah NOKA(spasi)nomor kartu BPJS Kesehatan lalu kirim ke 087775500400.

Akhir Kata

Itulah cara cek KIS aktif atau tidak secara offline dan online. Semoga bisa bermanfaat dan selamat mencoba.