Cara Cek Nama Penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan Rp. 1.2 Juta Maret 2021

Cara Cek Nama Penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan Rp. 1.2 Juta Maret 2021

Diposting pada

InfoBPJS.idCara Cek Nama Penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan Rp. 1.2 Juta Maret 2021. Sesuai dengan pernyataan pemerintah bahwa BLT BPJS Ketenagakerjaan akan dilanjutkan pada tahun 2021. Melalui Menteri Tenaga Kerja, Presiden Jokowi meresmikan BLT atau Bantuan Langsung Tunai BPJS Ketenagakerjaan pada Maret 2021 dengan besaran Rp. 1, 2 juta dan diperuntukkan bagi karyawan dengan gaji dibawah Rp. 5 juta.

Penasaran apakah kamu masuk kedalam daftar penerima BLT ini? Jika iya, maka ulasan berikut ini bisa kamu simak. Karena kita akan membahas cara cek nama penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan Rp. 1,2 juta Maret 2021.

BLT BPJS Ketenagakerjaan

Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Menaker atau Menteri Tenaga Kerja, Presiden Jokowi memaparkan bahwa BLT BPJS Ketenagakerjaan atau subsidi upah akan dijadikan program PEN atau Pemulihan Ekonomi Nasional 2020. Jokowi optimis dengan kebijakan pemulihan ekonomi ini akan membuat perekonomian semakin lebih baik lagi kedepannya. Dan mengenai BLT BPJS ketenagakerjaan Ketenagakerjaan ini hanya menyasar pekerja yang terdaftar pada gelombang 1, tapi belum mendapatkannya pada gelombang ke dua.

Cara Cek Nama Penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan

Adapun cara untuk cek nama penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan terdapat 4 metode, yakni:

1. Menggunakan Aplikasi BPJSTK Mobile

Untuk metode yang pertama ini, kamu terlebih dahulu mengunduh aplikasi BPJSTK Mobile. Aplikasi yang bisa kamu gunakan baik pada perangkat Android, iOS ataupun Blackberry. Setelah mendownload, kamu juga harus melakukan registrasi untuk mendapatkan PIN dengan syarat memiliki Nomor KPJ, NIK E-KTP, tanggal lahir dan nama. Setelah berhasil mendaftar kamu bisa login dan mengecek status kepesertaan BPJAMSOSTEK dengan cara klik “Kartu Digital” dan klik tampilan kartu digital BPJS Ketenagakerjaan yang muncul. Kamu akan melihat status aktif tidaknya kepesertaan BPJS kamu.

BACA  Rincian Iuran BPJS Ketenagakerjaan

2. Melalui Website Resmi BPJS Ketenagakerjaan

Untuk cek BPJS Ketenagakerjaan selanjutnya bisa melalui laman sso.bpjsketenagakerjaan.go.id dengan langkah – langkah berikut ini:

  • Buka laman sso.bpjsketenagakerjaan.go.id dan masukkan alamat email dan password yang kamu gunakan pada kolom user.
  • Setelah berhasil masuk, kamu pilih menu “Layanan”.

Namun apabila belum terdaftar, kamu bisa melakukan registrasi terlebih dahulu dengan cara:

  • Masuk ke laman sso.bpjsketenagakerjaan.go.id dan pilih menu “Registrasi”.
  • Isi formulir dengan data diri mulai dari nama, tanggal lahir, nomor ponsel, email, nomor E-KTP, nomor KPJ Aktif dan nama ibu kandung.
  • Setelah melakukan registrasi, kamu akan mendapatkan PIN melalui email dan SMS pada nomor yang telah kamu daftarkan sebelumnya

3. Melalui SMS

Kamu juga bisa mengecek status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan melalui SMS yakni dengan cara kirim SMS ke 2757 berisi teks “Daftar(spasi)Saldo#nomor KTP#nama#tanggal lahir#nomor peserta.

4. Langsung Ke Kantor Cabang

Metode terakhir, kamu bisa langsung ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan dengan membawa persyaratan untuk pengecekan kepesertaan yaitu KTP dan Kartu Kepesertaan.

Demikianlah cara cek nama penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan yang bisa kamu gunakan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya.