Cara Cepat Bayar Iuran BPJS Kesehatan dengan Gopay

Cara Cepat Bayar Iuran BPJS Kesehatan dengan Gopay

InfoBPJS.id – Peserta BPJS Kesehatan memiliki hak untuk mendapatkan layanan kesehatan secara gratis di faskes yang bekerja sama dengan pihak BPJS Kesehatan. Namun selain memiliki hak, peserta BPJS Kesehatan juga memiliki kewajiban untuk melakukan pembayaran iuran setiap bulannya agar bisa mendapatkan hak tersebut. Dan sehubungan dengan itu, kali ini kita akan membagikan cara cepat bayar iuran BPJS Kesehatan dengan Gopay. Untuk selengkapnya, mari langsung saja simak ulasan berikut ini.

Bayar Iuran BPJS Kesehatan

Setiap peserta BPJS Kesehatan memiliki kewajiban untuk membayar iuran setiap bulannya dan ini bisa dilakukan secara online maupun offline. Secara offline, kamu bisa langsung mendatangi kantor cabang, kantor pos ataupun melalui minimarket. Dan secara online, kamu bisa menggunakan berbagai platform online, mulai dari mobile banking hingga ecommerce.

Salah satu platform online yang bisa kita gunakan untuk melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan adalah Gopay. Gopay yang merupakan fitur dari aplikasi Gojek ini sangat multifungsi karena kita juga bisa melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan dimana saja dan kapan saja. Hanya saja, pastikan saldo Gopay kita mencukupi besaran iuran yang akan kita bayarkan.

Cara Bayar BPJS Kesehatan dengan Gopay

Untuk melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan dengan Gopay, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan, yakni.Unduh dan install terlebih dahulu aplikasi Gojek melalui Play Store ataupun AppStore.

  • Jika sudah, maka buat akun dengan menggunakan nomor ponsel yang aktif.
  • Setelah berhasil membuat akun, maka langsung saja klik menu GoTagihan.
  • Pilih dan klik opsi BPJS Kesehatan untuk melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan kamu.
  • Klik BPJS Kes Manual Payment lalu masukkan nomor virtual account kamu dan pilih juga bulan tagihan lalu klik Next.
  • Periksa kembali jumlah tagihan yang harus dibayarkan dan klik Pay Now jika kamu sudah yakin.
  • Masukkan PIN untuk menyelesaikan pembayaran.
BACA  Cara Mencicil Tunggakan Iuran BPJS Kesehatan

Perlu diingat, untuk melakukan pembayaran melalui Gopay, kamu perlu mengisi saldo terlebih dahulu. Untuk pengisian saldo Gopay juga bisa dilakukan dengan beberapa metode yang bisa kamu lihat pada opsi yang ada. Pastikan untuk melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan paling lambat tanggal 10 setiap bulannya dengan besaran tagihan yang sesuai dengan jenis kelas serta jumlah peserta dalam satu KK.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan mengenai cara cepat bayar BPJS Kesehatan dengan Gopay. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi tambahan informasi untuk semua.

You May Also Like

About the Author: admin