Cara Cetak Kartu BPJS Online

InfoBPJS.idCara Cetak Kartu BPJS Online – Artikel kali ini akan membahas mengenai cara untuk mencetak kartu BPJS secara online. Tentunya ini akan sangat membantu, karena kita bisa mencetak kartu BPJS sendiri dari rumah tanpa perlu lagi ke kantor BPJS. Bagi kamu yang belum mengetahui caranya, penting untuk mengikuti dan menyimak ulasan selengkapnya berikut ini.

BPJS Online

Sejak diluncurkan pemerintah pada 1 Januari 2014 lalu, BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial telah membantu banyak sekali masyarakat Indonesia yang membutuhkan fasilitas kesehatan. Pada dasarnya program jaminan kesehatan nasional dari BPJS merupakan kewajiban untuk diikuti oleh semua warga Negara Indonesia.

Demi meningkatkan kepuasan peserta, BPJS Kesehatan telah menghadirkan inovasi dalam pelayanannya. Karena tidak hanya mendaftar ataupun membayar tagihan BPJS yang bisa kita lakukan secara online, tapi kini kita juga bisa mencetak kartu BPJS secara online.

Layanan dari BPJS Kesehatan yang mampu mempermudah masyarakat ini sebenarnya telah dimulai sejak bulan Juni 2019 lalu. Meski e-ID atau elektronik identitas ini dicetak secara online menggunakan kertas yang berbeda dengan kartu definitif, namun layanan dan kegunaannya pun tetap sama.

Cara Cetak Kartu BPJS Online

Sebelum kita membahas cara cetak kartu BPJS secara online, penting untuk mengetahui bahwa kartu e-ID BPJS Kesehatan ini merupakan alternatif bagi masyarakat yang telah melakukan pendaftaran online tapi belum bisa datang ke kantor BPJS untuk mencetak kartu. Sehingga untuk pengobatan dan penggunaannya pun tetap sama dengan kartu BPJS pada umumnya, yakni dengan membawa identitas pendukung seperti KK atau KTP dan mengikuti prosedur lainnya yang berlaku.

BACA  Biaya Perawatan Pasien Hepatitis Akut Ditanggung BPJS Kesehatan?

Adapun cara untuk mencetak kartu BPJS secara online adalah sebagai berikut ini:

  • Pertama kamu buka terlebih dahulu aplikasi BPJS Kesehatan JKN pada smartphone kamu dan login menggunakan alamat email yang kamu gunakan saat mendaftar BPJS online.
  • Setelah itu pada halaman utama aplikasi, klik menu “Peserta” dan “Ubah Data Peserta”.
  • Kemudian pilih peserta BPJS yang akan kamu cetak kartunya.
  • Selanjutnya klik ikon email dan pilih “Ya” saat ada pertanyaan “Apakah anda ingin mengirim kartu E-ID ke email anda?”.
  • Langkah berikutnya, kamu cek email kami dan buka email dari BPJS Kesehatan untuk mengunduh file lampirannya.
  • Selesai, kamu bisa download dan mencetak kartu BPJS kamu.

Demikianlah ulasan mengenai cara cetak kartu BPJS online. Bagaimana? Mudah bukan? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya.