Cara Cetak Kartu KIS dengan Mudah

InfoBPJS.id – Sudah terdaftar KIS namun belum mendapatkan kartunya? Tenang, kamu tak perlu bingung dan khawatir sebab kali ini kita akan membahasnya. Mari langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini mengenai cara cetak kartu KIS dengan mudah.

Cetak Kartu KIS

KIS atau Kartu Indonesia Sehat merupakan kartu yang berfungsi untuk memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat agar bisa mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis. KIS diterbitkan oleh BPJS Kesehatan untuk semua peserta program JKN. Termasuk dengan PBI atau Penerima Bantuan Iuran yang merupakan peserta golongan fakir miskin dan tidak mampu.

Sama dengan BPJS Kesehatan, peserta KIS juga akan menerima kartu jika sudah terdaftar. Namun, sayangnya banyak pengalaman peserta KIS yang sudah terdaftar namun tidak menerima dan memiliki kartu KIS. Dan untuk mengatasi hal tersebut tentu peserta harus segera mencetaknya agar tidak kesulitan jika suatu saat membutuhkan layanan kesehatan.

Untuk mencetak Kartu KIS sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah, baik mencetaknya di kantor BPJS Kesehatan ataupun secara online menggunakan aplikasi JKN. Tergantung kebutuhan dan situasi, jika kamu memang berhalangan untuk kekantor BPJS Kesehatan untuk cetak kartu KIS kamu, maka bisa menggunakan cara online yakni dengan aplikasi JKN.

Cara Cetak Kartu KIS di Kantor BPJS Kesehatan

Seperti yang telah kita sebutkan tadi bahwa kita bisa mencetak kartu KIS di kantor BPJS Kesehatan. Namun, pastikan sebelumnya ke kantor BPJS Kesehatan untuk mencetak kartu KIS kamu membawa beberapa dokumen persyaratan yang antara lain adalah:

  • KTP asli
  • Fotokopi KTP seluruh anggota keluarga.
  • Fotokopi KK atau Kartu Keluarga.
BACA  Syarat dan Prosedur Kuret Menggunakan BPJS Kesehatan

Jika sudah mengantongi beberapa dokumen persyaratan tersebut maka selanjutnya kamu bisa mengunjungi kantor BPJS Kesehatan terdekat dan sampaikan tujuan kamu ke petugas. Jangan lupa untuk menyertakan dokumen persyaratan yang telah kamu bawa. Tak memakan waktu lama, kartu KIS kamu akan segera dicetak dan langsung aktif, sehingga kamu bisa langsung menggunakannya untuk mendapatkan layanan kesehatan.

Cara Cetak Kartu KIS secara Online

Jika kamu berhalangan dan tidak bisa kekantor BPJS Kesehatan untuk cetak kartu KIS, maka kamu bisa menggunakan aplikasi JKN yang tersedia dan dapat diunduh melalui Play Store ataupun App Store. Namun untuk bisa menggunakan cara ini, kamu perlu mengetahui nomor kartu KIS yang akan kamu cetak sebab dalam proses pendaftaran akun di aplikasi Mobile JKN mengharuskan kita memasukkan nomor kartu KIS. Jika sudah berhasil membuat akun, maka kamu bisa langsung melihat opsi cetak kartu dan bisa mencetaknya sendiri dalam bentuk E-id.

Akhir Kata

Itulah cara mudah yang bisa kamu gunakan. Semoga ulasan dan penjelasan dari artikel ini bisa bermanfaat dan selamat mencoba.