Cara Daftar Berobat Menggunakan PCare BPJS Kesehatan

Cara Daftar Berobat Menggunakan PCare BPJS Kesehatan

InfoBPJS.id – Ada banyak layanan BPJS Kesehatan yang bisa dimanfaatkan pesertanya, salah satunya Pcare. BPJS Kesehatan menyediakan aplikasi tersebut guna mempermudah peserta dalam mengakses informasi terkait BPJS Kesehatan saat mengunjungi faskes atau fasilitas kesehatan. Namun sayangnya, sebagian peserta BPJS Kesehatan masih banyak yang belum memahami cara menggunakan aplikasi Pcare, terlebih cara daftar berobat. Oleh karena itu, postingan kali ini akan membahasnya agar kamu yang belum tahu bisa memanfaatkannya. Mari langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Aplikasi Pcare BPJS Kesehatan

Aplikasi Pcare menawarkan faskes tingkat pertama, mulai dari kunjungan ke klinik, laboratorium, hingga puskesmas rujukan peserta BPJS Kesehatan. Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan peserta untuk mengajukan pengobatan ataupun sekedar mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Kesehatan pada faskes tingkat pertama. Namun, untuk menggunakan aplikasi Pcare, peserta harus mendaftarkan diri dan kita juga pernah membahas cara daftar Pcare BPJS Kesehatan sebelumnya.

Ada beberapa menu bermanfaat yang bisa kita temukan pada aplikasi Pcare BPJS Kesehatan, seperti “Home” yang merupakan laman utama aplikasi ini, “Lihat Data” yang bisa digunakan untuk melihat preview data kunjungan, jumlah kunjungan dan daftar penyakit pasien. Bahkan ada juga menu “Keterangan Faskes” yang memperlihatkan profil singkat dari faskes yang digunakan peserta.

Cara Daftar Berobat Menggunakan Pcare BPJS Kesehatan

Adapun cara daftar berobat menggunakan Pcare BPJS Kesehatan adalah sebagai berikut ini:

  • Apabila kamu belum terdaftar sebagai pengguna Pcare maka kamu bisa melakukan pendaftaran di kantor BPJS Kesehatan terdekat. Jika sudah maka kami bisa langsung masuk ke laman pcare.bpjs-kesehatan.go.id
  • Masukkan username dan password sesuai data yang telah teregistrasi.
  • Nantinya akan ada dua menu yang muncul yakni “Pendaftaran” dan “Pelayanan”. Jika kamu merupakan pasien berobat maka bisa tap menu “Pendaftaran” lalu isi nomor BPJS Kesehatan kamu dan tap “Cari”. Apabila kamu merupakan pasien dari faskes tersebut maka kamu bisa melihat identitas kamu secara otomatis.
  • Lengkapi juga data pasien seperti jenis kunjungan, keluhan pemeriksaan fisik, tekanan darah dan lainnya lalu tap “Simpan”.
  • Masuk kembali ke entri data lalu pilih menu “Pelayanan”.
  • Isi data pelayanan mulai dari kolom terapi hingga diagnosa lalu tap “Simpan”.
  • Selesai.
BACA  Cara Memulai Chat Dengan CHIKA Bpjs Kesehatan Di Telegram

Akhir Kata

Itulah cara daftar berobat menggunakan Pcare BPJS yang bisa kamu lakukan. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi tambahan informasi untuk semua.

You May Also Like

About the Author: admin