Cara Daftar BPJS Kesehatan Online 2024

Cara Daftar BPJS Kesehatan Online 2024

InfoBPJS.id – Artikel ini akan membahas tentang bagaimana Cara Daftar BPJS Kesehatan Online 2024. Bagi kamu yang ingin membuat BPJS Kesehatan sendiri, sudah tidak perlu khawatir lagi karena kamu bisa mendaftar BPJS secara online hanya melalui ponsel saja. Berikut penjelasan lengkapnya.

Pada zaman digital saat ini, kamu bisa mendaftar BPJS Kesehatan online tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan terdekat. Untuk calon peserta yang ingin melakukan pendaftaran offline, bisa langsung mengunjungi kantor BPJS Kesehatan terdekat dan melakukan pengisian Formulir Daftar Isian Peserta (FDIP).

Bagi calon peserta yang ingin melakukan pendaftaran BPJS Kesehatan secara online, cukup dengan menggunakan aplikasi Mobile JKN yang bisa kamu unduh pada Playstore atau App Store. Kamu bisa mengunduh aplikasi Mobile JKN terlebih dahulu sebelum masuk kedalam panduannya.

Calon peserta tidak mempunyai bukuu tabungan tetapi mempunyai rekening, tetap bisa untuk mendaftar BPJS. Kamu dapat memasukkan nomor rekening yang kamu miliki saat ini. Apabila melakukan pendaftaran secara online, calon peserta bisa melampirkan hasil screenshot nomor rekening yang ada.

Daftar BPJS Kesehatan Secara Online 2024

Berikut ini adalah panduan atau tutorial tentang Cara Daftar BPJS Kesehatan Online 2024.

  • Langkah pertama silahkan download terlebih dahulu aplikasi Mobile JKN melalui Play Store atau App Store pada perangkat yang kamu gunakan.
  • Buka aplikasi Mobile JKN dan persiapkan kelengkapan data, seperti NIK, kartu Keluarga dan nomor Rekening Bank.
  • Kemudian silahkan klik menu Daftar pada aplikasi JKN Mobile dan pilih Pendaftaran Peserta Baru.
  • Selanjutnya silahkan setujui syarat dan ketentuan pendaftara dan masukkan NIK beserta code captcha, lalu klik Cari.
  • Setelah itu data calon peserta akan muncul sesuai yang terdaftar pada Dukcapil dan silahkan lengkapi data yang harus kamu isi dan klik Selanjutnya.
  • Lalu silahkan pilih Faskes Kesehatan Tingkat Pertama dan kelas yang kamu inginkan.
  • Selanjutnya masuukkan email aktif untuk mendapatkan kode verifikasi dan klik Simpan.
  • Periksa email yang kamu daftarkan dan salin kode verifikasi ke apliksi Mobile JKN.
  • Setelah itu calon peserta akan mendapkan kode virtual account untuk pembayaran iuran yang bisa kamu lakukan melalui M Banking, Kantor Pos, ATM atau pada Marchant terdekat.
  • Apabila kamu sudah melakukan pembayaran, kamu sudah resmi terdaftar pada BPJS Kesehatan.
  • Kartu BPJS Kesehatan akan tersedia dalam bentuk Virtual pada aplikasi Mobile JKN dan tentunya bisa kamu download.
BACA  Cara Daftar BPJS Kesehatan Perorangan Online

Akhir Kata

Demikianlah panduan dan penjelasan tentang Cara Daftar BPJS Kesehatan Online 2024. Semoga tutorial ini bisa bermanfaat dan bisa berguna untuk yang membutuhkannya.

You May Also Like

About the Author: admin