Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan

InfoBPJS.id – Untuk mendapatkan rasa aman dan kesejahteraan dalam bekerja, penting untuk seorang HRD perusahaan atau pemilik bisnis untuk mendaftarkan karyawannya untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Dan apabila kamu seorang HRD dan belum mengetahui caranya, maka postingan kali ini akan membantu. Karena kita akan membahas mengenai cara daftar BPJS Ketenagakerjaan. Berikut ulasan selengkapnya.

Pentingnya Mendaftar BPJS Ketenagakerjaan

Sejak berdiri pada tahun 2015, BPJS Ketenagakerjaan atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan membuat perusahaan ataupun individu menjadi lebih mudah mengakses sekian perlindungan yang dibutuhkan oleh karyawannya. Sebab setiap karyawan memerlukan perlindungan  untuk berbagai risiko, mulai dari kecelakaan kerja, hilangnya pekerjaan hingga jaminan hari tua yang lebih baik.

Sehingga dengan begitu, penting bagi seorang HRD agar mendaftarkan karyawannya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Sebab, karyawan yang bahagia akan jauh lebih produktif dan kreatif. Bahkan pemerintah pun telah mewajinkan perusahaan untuk mendaftarkan karyawannya dalam program ini.

Cara Mendaftar BPJS Ketenagakerjaan Online

Untuk melakukan pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan bisa kita lakukan secara online menggunakan koneksi internet, yakni dengan cara berikut:

  • Buka dan masuk ke situs resmi BPJS Ketenagakerjaan.
  • Kemudian pilih dan tap “Daftarkan Saya” lalu pilih dari 3 pilihan yang ada yakni perusahaan, individu dan pekerjaan imigran.
  • Apabila telah selesai memilih, maka masukkan email perusahaan untuk mendaftar.
  • Tunggu hingga masuk email pemberitahuan dan ikuti langkah selanjutnya.
  • Apabila semua proses pendaftaran online telah selesai, maka kamu hanya perlu membawa persyaratan yang telah dipersiapkan ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat.

Cara Mendaftar BPJS Ketenagakerjaan Offline

Kamu juga bisa menggunakan cara offline untuk melakukan pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan dengan beberapa langkah berikut:

  • Datangi kantor BPJS Ketenagakerjaan yang sesuai dengan domisili kamu.
  • Isi formulir untuk pendaftaran perusahaan dan formulir pendaftaran pekerja.
  • Kamu juga perlu membayar iuran pertama yang sesuai dengan jumlah yang telah ditetapkan oleh BPJS Ketenagakerjaan untuk bisa menyelesaikan proses pendaftaran.
BACA  Syarat Untuk Menjadi Peserta Baru BPJS Ketenagakerjaan 2021

Itulah ulasan mengenai cara daftar BPJS Ketenagakerjaan. Semoga bermanfaat dan bisa menambah informasi untuk kamu yang sedang membutuhkannya.