Cara Daftar BPJS Secara Online Melalui Mobile JKN

InfoBPJS.id – Melalui UU Nomor 24 Tahun 2011, pemerintah telah mengesahkan Program Jaminan Kesehatan Nasional yang mana wajib untuk seluruh warga Indonesia mendaftar menjadi anggota BPJS Kesehatan. Pasalnya, setiap perusahaan atau pemberi kerja wajib mendaftarkan karyawannya sebagai anggota BPJS Kesehatan. Sementara itu, masyarakat yang tidak bekerja di perusahaan maka wajib mendaftarkan dirinya dan juga keluarganya secara mandiri.

Sementara itu, untuk mendaftar sebagai peserta BPJS pun bisa dengan mudah, baik secara offline maupun secara online. Namun kali ini kita akan membahas cara daftar BPJS secara online melalui Mobile JKN. Oleh sebab itu, penting untuk kamu menyimak ulasan selengkapnya berikut ini.

Daftar BPJS Secara Online Melalui Mobile JKN

Adanya aplikasi Mobile JKN, membuat peserta BPJS merasa termudahkan baik dalam mengakses layanan kesehatan maupun sekedar mencari informasi seputar faskes. Namun selain itu, ada manfaat lainnya yang bisa didapatkan pada Mobile JKN yakni mendaftar BPJS secara online. Kamu cukup mengunduh aplikasi Mobile JKN yang tersedia baik di Play Store atupun App Store. Pastikan juga kamu terhubung dengan koneksi internet yang stabil.

Cara Daftar BPJS Secara Online Melalui Mobile JKN

Seperti yang kita sebutkan diatas bahwa untuk mendaftar BPJS secara online melalui Mobile JKN, kita perlu mengunduh aplikasinya terlebih dahulu melalui Play Store ataupun App Store. Jika sudah maka berikut cara daftar BPJS secara online melalui Mobile JKN yang bisa kamu gunakan.

  • Buka aplikasi Mobile JKN yang telah kamu unduh lalu tap “Daftar”.
  • Selanjutnya kamu tap “Pendaftaran Peserta”.
  • Kemudian baca semua ketentuan pendaftaran dan jika sudah sesuai maka tap tombol “Saya Setuju”.
  • Lanjut dengan memasukkan NIK KTP dan juga kode captcha.
  • Setelah itu kamu akan melihat daftar data keluarga calon peserta BPJS Kesehatan, tap tombol “Selanjutnya” untuk lanjut mengisi data diri dengan lengkap.
  • Pilih juga faskes atau fasilitas kesehatan yang kamu inginkan.
  • Kemudian masukkan email dan tap “Simpan”.
  • Kamu akan mendapatkan kode verifikasi melalui email yang kamu daftarkan sebelumnya, jadi cek kotak masuk email kamu dan salin kode verifikasi yang ada ke aplikasi Mobile JKN.
  • Dengan begitu, peserta akan mendapatkan virtual account untuk lanjut ke proses pembayaran premi.
  • Selesaikan proses pendaftaran dengan melakukan pembayaran baik melalui ATM, Mobile Banking, kantor pos ataupun supermarket.
BACA  Cara Mendapatkan Nomor PANDAWA BPJS Kesehatan

Dengan menyelesaikan pembayaran maka artinya kamu telah berhasil melakukan pendaftaran dan resmi menjadi peserta BPJS. Setelah menjadi peserta BPJS maka kamu bisa mendapatkan layanan kesehatan di faskes yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Akhir Kata

Itulah cara daftar BPJS secara online yang bisa kamu gunakan. Semoga ulasan dan panduan dari artikel ini bisa memberikan manfaat dan selamat mencoba.