Cara Isi Formulir 7 BPJS Ketenagakerjaan

InfoBPJS.id – Tentunya kita sudah tahu jika BPJS Ketenagakerjaan memiliki beberapa program jaminan yang bermanfaat untuk para pesertanya, yakni JHT atau Jaminan Hari Tua, JKK atau Jaminan Kecelakaan Kerja, JP atau Jaminan Pensiun dan JKM atau Jaminan Kematian. Untuk bisa mencairkan atau klaim program tersebut maka peserta perlu melengkapi persyaratan yang ada, salah satunya mengisi formulir. Seperti halnya untuk pengajuan klaim JP yang memerlukan formulir 7. Nah, jika kamu berencana untuk melakukan klaim JP maka postingan kali ini akan sangat membantu sebab kita akan membahas cara isi formulir 7 BPJS Ketenagakerjaan. Mari langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Syarat Mengisi Formulir 7 BPJS Ketenagakerjaan

Adanya Jaminan Pensiun ini tentunya sangat membantu karyawan yang tidak bekerja lagi. Bahkan peserta BPJS Ketenagakerjaan pun tetap bisa melakukan klaim Jaminan Pensiun sebelum jangka waktu keanggotaan 10 tahun dengan persyaratan yang ada. Hanya saja peserta perlu melengkapi persyaratan yang dibutuhkan, seperti formulir 7 untuk klaim JP atau Jaminan Pensiun.

Untuk mengisi formulir 7 BPJS Ketenagakerjaan, ada beberapa syarat yang harus dipersiapkan, yakni:

  • Kartu Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan atau KPJ.
  • KTP atau Kartu Tanda Penduduk.
  • KK atau Kartu Keluarga.
  • Rekening Tabungan.

Cara Isi Formulir 7 BPJS Ketenagakerjaan

Kamu bisa mendownload formulir 7 di website resmi BPJS Ketenagakerjaan dan jika telah mendapatkannya serta melengkapi persyaratan yang diperlukan maka berikut ini cara untuk mengisinya.

  • Mengisi Data Pemohon Jaminan Pensiun, pada bagian ini kamu perlu mengisi data diri pemohon. Mulai dari nama, NIK, nama tanggal lahir, jenis kelamin hingga alamat email yang masih aktif.
  • Isi Data Tenaga Kerja, isi juga data tenaga kerja seperti nama, NIK, nomor peserta, tempat dan tanggal lahir hingga nama perusahaan.
  • Isi Data Keluarga Tenaga Kerja, lanjut dengan mengisi data keluarga tenaga kerja seperti suami, anak dan orang tua.
  • Manfaat Jaminan Pensiun, kamu bisa mencentang salah satu kolom manfaat jaminan pensiun.
  • Cara Pembayaran, bagian terakhir ini kamu bisa mengisinya dengan memasukkan nomor rekening yang akan menerima pembayaran jaminan pensiun oleh BPJS Ketenagakerjaan.
  • Akhiri dengan Tanda Tangan.
BACA  Prosedur Klaim JKK BPJS Ketenagakerjaan

Akhir Kata

Itulah cara isi formulir 7 BPJS Ketenagakerjaan yang bisa kamu ikuti. Semoga bermanfaat dan membantu kamu yang sedang membutuhkan informasi ini.