Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan Online
Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan Online

Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan Online

Diposting pada

InfoBPJS.id – Bagi kamu yang ingin mengajukan klaim JHT atau Tunjangan Hari Tua, tidak perlu lagi berlama – lama mengantre di kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan. Karena ada Lapak Asik dari BPJS Ketenagakerjaan yang akan mempermudah kamu untuk mengklaim BPJS Ketenagakerjaan secara online. Berikut ulasan selengkapnya.

Daftar Klaim BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan sebelumnya telah menerapkan antrean online agar nasabahnya bisa lebih mudah untuk mengajukan klaim JHT atau Jaminan Hari Tua. Melalui layanan tersebut, nasabah akan mendapatkan nomor antrean dan kemudian datang ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan untuk mengajukan klaim JHT.

Sebenarnya layanan tersebut sudah cukup lama adanya dan kini BPJS Ketenagakerjaan pun telah menerapkan program baru yakni Pelayanan Tanpa Kontak Fisik atau Lapak Asik yang mana adalah respons atas imbauan pemerintah untuk menjaga jarak dan mengurangi kerumunan di tengah pandemi Covid-19 ini. Program tersebut bisa membantu kamu dalam mengklaim JHT tanpa harus mendatangi kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan yang artinya semua dilakukan secara full online.

Cara Daftar Antrean Online BPJS Ketenagakerjaan

Adapun cara yang harus kita lakukan untuk bisa mendaftar antrean online BPJS Ketenagakerjaan adalah dengan cara berikut ini:

  • Buka dan masuk ke situs lapakasik.bpjsketenagakerjaan.go.id
  • Isi data perkerja, data pekerja tambahan, alasan klaim dan dokmen pendukung lainnya secara lengkap.
  • Selanjutnya pilih tanggal, waktu dan kantor cabang terdekat yang akan dikunjungi.
  • Setelah semuanya lengkap, kamu akan mendapatkan email konfirmasi dari BPJS Ketenagakerjaan berupa informasi data diri, syarat dokumen, formulir, email kantor cabang dan kode barcode.
BACA  Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan Untuk Pekerja Lepas dan Paruh Waktu

Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan Online

Dan jika kamu telah menerima email konfirmasi tersebut maka kamu bisa melanjutkan klaim JHT sebagai berikut:

  • Siapkan terlebih dahulu hasil scan dokumen pendukung asli beserta formulir klaim JHT yang sebelumnya telah kamu isi dengan lengkap.
  • Kemudian, kirimkan dokumen syarat, foto diri dan barcode antrean online ke email kantor cabang dengan subjek: Antrean_Tanggal Kedatangan_Nama Lengkap_Nomor KPJ.
  • Lampirkan pula data diri kamu mulai dari nama lengkap, NIK, email, nomor ponsel dan tanggal kedatangan pada bagian body email.
  • Setelah itu, kamu bisa menunggu konfirmasi dari petugas kantor cabang BPJS yang akan memverifikasi data kamu.
  • Apabila klaim kamu lolos, maka kamu akan mendapatkan panggilan video, email ataupun SMS dari pihak kantor cabang dengan maksimal H-1 sebelum tanggal pencairan yang telah ditentukan.

Itulah cara online yang bisa kamu coba lakukan. Bagaimana? Mudah bukan? Selamat mencoba ya.