Cara Membuat HFIS BPJS Kesehatan

InfoBPJS.id – Sebagai mitra BPJS Kesehatan, kita bisa mendapatkan banyak kemudahan baik dalam mendapatkan layanan kesehatan maupun kemudahan dalam mengakses segala informasi terkait layanan kesehatan yang tersedia. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan HFIS BPJS Kesehatan yang mungkin masih jarang banyak orang ketahui. Namun sebelum menggunakan HIS BPJS untuk mengakses informasi terkait layanan kesehatan yang tersedia, penting untuk mengetahui cara membuat HFIS BPJS terlebih dahulu. Berikut ulasan selengkapnya.

HFIS BPJS Kesehatan

HFIS atau Health Facilities Information System yang merupakan aplikasi berupa website untuk memanajemen data para peserta BPJS. Untuk bisa menggunakan HFIS BPJS Kesehatan kita perlu membuat atau memiliki akun terlebih dahulu. Dan jika sudah maka setelah itu bisa dengan mudah memonitoring, membuat laporan ataupun aktivitas profiling dan informasi penting lainnya mengenai layanan yang ada.

Fungsi dari HFIS BPJS Kesehatan

Dengan adanya HFIS BPJS, baik peserta maupun fasilitas kesehatan akan lebih mudah dalam berkoordinasi. Namun yang sebenarnya, fungsi dari HFIS BPJS Kesehatan ini adalah untuk memudahkan fasilitas kesehatan dalam melakukan koordinasi dengan peserta, asuransi ataupun faskes lainnya. Dengan begitu, faskes juga bisa melalukan perpanjangan kontrak kerjasama hingga memberikan laporan kondisi terkini.

Dengan menggunakan HFIS BPJS Kesehatan pun bisa memudahkan rujukan ke FRTL atau Faskes Rujukan Tingkat Lanjutan dadi FRTP atau Faskes Rujukan Tingkat Pertama. Bahkan pengguna juga bisa langsung mencari secara online terkait rumah sakit yang memiliki kapasitas kamar kosong untuk memaksimalkan penanganan pasien. Tentunya ini akan sangat membantu karena setiap peserta bisa mengetahui lokasi terdekat saat ini, siapa dokter yang bertugas, berapa berapa jumlah kamar dan lainnya.

BACA  Cara Daftar BPJS Kesehatan PBI dan PPU untuk Bayi Baru Lahir

Cara Membuat HFIS BPJS Kesehatan

Untuk bisa menggunakan HFIS BPJS Kesehatan, kita perlu membuat atau mendaftar terlebih dahulu khususnya faskes  yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Adapun caranya sebagai berikut:

  • Kirim surat pendaftaran ke kantor cabang BPJS Kesehatan.
  • Setelah itu, faskes akan menerima email berisi username dan password untuk bisa masuk ke aplikasi HFIS BPJS Kesehatan.
  • Selanjutnya, login lalu isi profil faskes sesuai kolom yang ada.
  • Nantinya, data faskes yang masuk akan dianalisis dan disetujui oleh Kepala Unit BPJS.
  • Kemudian, tim BPJS akan melakukan visit kredensialing atau evalusi secara langsung untuk memastikan bahwa data yang masukkan sesuai dengan fakta yang ada dan faskes terkait juga bisa memantau seluruh proses analisis data tersebut melalui HFIS.
  • Apabila faskes dinyatakan lolos persyaratan, maka faskes dan BPJS Kesehatan akan menandatangani perjanjian kerjasama agar bisa mendapatkan akses baru untuk login ke HFIS BPJS.
  • Setelah itu, login menggunakan username dan password yang baru. Dan dengan begitu faskes bisa melihat profil, mengajukan perubahan data dan lainnya melalui HFIS BPJS Kesehatan.

Sementara itu, untuk peserta BPJS Kesehatan yang ingin memantau data faskes BPJS Kesehatan bisa melalui Aplicares atau website atau P-Care menggunakan smartphone. Untuk caranya akan kita bahas pada postingan berikutnya.

Akhir Kata

Demikianlah cara membuat HFIS BPJS. Semoga bermanfaat dan menambah informasi untuk semua.