Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Apabila Kartunya Hilang
Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Apabila Kartunya Hilang

Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Apabila Kartunya Hilang

Diposting pada

InfoBPJS.id – Jika kamu sedang bingung karena ingin mencairkan BPJS Ketenagakerjaan namun kartunya hilang, maka kamu sudah berada pada postingan yang tepat. Karena kali ini kita akan membahas cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan apabila kartunya hilang. Berikut ulasan selengkapnya yang perlu untuk kamu simak.

Sekilas Tentang BPJS Ketenagakerjaan

Pada dasarnya BPJS Ketenagakerjaan bisa kita gunakan cairkan apabila telah memenuhi syarat tertentu, dan umumnya orang mencairkan BPJS ketenagakerjaan miliknya untuk membantu permasalahan finansial saat mereka tidak bekerja lagi.

Adapun dana yang dihasilkan dari BPJS Ketenagakerjaan merupakan iuran yang biasanya dipotong dari gaji bulanan pada perusahaan tempat kita bekerja. Oleh sebab itu, BPJS Ketenagakerjaan bisa menjadi solusi saat memutuskan untuk berhenti dan belum menemukan tempat bekerja yang baru.

Namun, sejatinya manusia pasti pernah mengalami kehilangan dan untuk kasus disini adalah hilangnya kartu BPJS Ketenagakerjaan. Lalu bagaimana caranya untuk mencairkan BPJS Ketenagakerjaan apabila kartunya hilang? Tentunya kita tidak mungkin meminta kantor yang telah kita tinggalkan untuk mengurus pembuatan kartu yang baru, bukan? Lalu, apakah ada solusinya?

Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Apabila Kartunya Hilang

Berdasarkan pertanyaan yang ada di atas, kita tidak perlu khawatir karena kita tetap bisa mencairkan dana BPJS Ketenagakerjaan dengan cara berikut:

  • Langkah pertama adalah dengan membuat surat keterangan hilang di kantor kepolisian.
  • Selanjutnya, datangi kantor dimana kamu bekerja sebelumnya untuk meminta surat pengantar dari HRD.
  • Setelah itu, barulah ke kantor BPJS Ketenagakerjaan dengan membawa beberapa dokumen yang diperlukan.
  • Tunggu pemberitahuan bahwa mereka telah selesai memverifikasi yang biasanya membutuhkan waktu 1 x 24jam untuk kemudian kamu bisa mendapatkan kartu baru dan melanjutkan proses pencairan BPJS Ketenagakerjaan kamu.
BACA  Daftar Mandiri Sebagai PBU Bpjs Ketenagakerjaan Online

Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Secara Offline

Kamu bisa menggunakan cara offline untuk mencairkan BPJS Ketenagakerjaan yakni dengan cara:

  • Langsung saja kunjungi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat dan mengisi formulir pengajuan klaim. Jangan lupa untuk menyerahkan dokumen dan berkas yang dibutuhkan.
  • Tunggu hingga kamu mendapatkan email verifikasi.
  • Setelah mendapatkan verifikasi dokumen dan melakukan wawancara, kamu masih harus menunggu antrean untuk pengambilan foto. Setelah itu, kamu tinggal menunggu proses pencairan dana.

Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

Selain offline, kamu juga bisa menggunakan cara online sehingga tidak perlu bersusah payah ke kantor BPJS Ketenagakerjaan. Adapun caranya adalah sebagai berikut ini:

  • Buka dan masuk ke laman bpjsketenagakerjaan.go.id dan isi formulir yang ada dengan daa diri mulai dari nomor KTP, nama lengkap dan lainnya.
  • Apabila telah selesai, maka masukkan kode verifikasi atau PIN yang akan kamu dapat melalui email.
  • Selanjutnya masukkan nama pemilik rekening, bank dan nomor rekening serta unggah pula dokumen penting lainnya.
  • Kemudian tunggu konfirmasi dari BPJS Ketenagakerjaan yang biasanya membutuhkan waktu selama 1 x 24jam.
  • Jika sudah mendapatkan email dari BPJS Ketenagakerjaan kamu bisa mencetak dan membawanya serta dokumen asli lainnya saat ke kantor cabang untuk mencairkan BPJS Ketenagakerjaan yang biasanya juga membutuhkan waktu normal selama 10 hari kerja.

Demikian cara yang bisa kamu gunakan untuk mencairkan BPJS Ketenagakerjaan apabila kartunya hilang. Semoga info dari artikel ini bisa bermanfaat dan dapat membantu kamu yang sedang membutuhkan cara ini.