Cara Mencairkan Dana Bantuan BPJS KIS Oktober 2023

Cara Mencairkan Dana Bantuan BPJS KIS Oktober 2023

InfoBPJS.idCara Mencairkan Dana Bantuan BPJS KIS Oktober 2023. Ada kabar baik untuk kamu yang tergabung dalam PKH atau Program Keluarga Harapan di Indonesia, sebab Kemensos telah memulai penyaluran bantuan sosial PKH tahap 4 yang berfokus pada para pemegang KIS dari BPJS Kesehatan. Nah, penasaran bagaimana cara untuk mencairkan dana bantuan BPJS KIS tersebut? Mari langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Kriteria Penerima Dana Bantuan BPJS KIS

Bantuan BPJS KIS ini memiliki kategori penerima dan nominal yang berbeda, yakni:

– Lansia dan Disabilitas, dengan besaran bantuan Rp. 600 ribu per tahap.

– Ibu hamil dan balita usia 0-6 tahun, dengan besaran bantuan Rp. 750 ribu per tahap.

– Anak usia SD, dengan besaran bantuan Rp. 225 ribu per tahap.

– Anak usia SMP, dengan besaran bantuan Rp. 475 ribu per tahap.

– Anak usia SMA, dengan besaran bantuan Rp. 500 ribu per tahap

Syarat Mencairkan Dana BPJS KIS

Untuk proses pencairan bantuan PKH tahap 4 ini sebenarnya sudah dimulai sejak bulan Juli lalu. Bantuan BPJS KIS untuk bulan Oktober 2023 ini memiliki nilai sebesar Rp 600 ribu dan tentunya ada syarat serta ketentuan yang perlu dipenuhi untuk bisa menjadi penerima manfaat. Diantaranya adalah sebagai berikut.

– Terdaftar pada DTKS atau Data Terpadu Kesejahteraan Sosial dari Kemensos dengan status kepesertaan KIS aktif.

– Telah menjadi pemegang KIS selama minimal 6 bulan dengan pengajuan dari APBN.

BACA  Fungsi dan Cara Mengajukan VClaim BPJS Kesehatan

– Bagi yang belum terdaftar di DTKS maka bisa mendaftarkan diri secara online melalui aplikasi usul-sanggah atau melalui laman resmi dtks.kemensos.go.id. Atau bisa juga mendaftarkan diri secara offline melalui pihak desa atau kelurahan tempat tinggal kamu.

Untuk dokumen yang diperlukan cukup mudah, yakni KK atau Kartu Keluarga, KTP atau Kartu Tanda Penduduk yang telah terverifikasi secara online di Dukcapil, serta SKTM atau Surat Keterangan Tidak Mampu.

Cara Mencairkan Dana BPJS KIS Oktober 2023

Untuk mencairkan dana bantuan BPJS KIS ini pun sebenarnya sama dengan bantuan sosial lainnya, dimana kita harus mengecek terlebih dahulu apakah kita masuk dalam daftar penerima bantuan ini. Kita juga bisa memeriksa status untuk memastikan kelayakan dalam menerima bantuan sosial ini. Sedangkan untuk pencairan dana bantuan BPJS KIS ini akan dilakukan melalui kantor pos.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan kali ini mengenai cara mencairkan dana bantuan BPJS KIS Oktober 2023. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi tambahan informasi untuk semua.

You May Also Like

About the Author: admin