Cara Mendaftarkan Agen Perisai BPJS Ketenagakerjaan

InfoBPJS.idCara Mendaftarkan Agen Perisai BPJS Ketenagakerjaan. Sebagian besar peserta BPJS Ketenagakerjaan masih belum mengetahui mengenai Perisai BPJS Ketenagakerjaan. Padahal ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan menjadi Perisai BPJS Ketenagakerjaan. Nah, jika kamu salah satu peserta BPJS Ketenagakerjaan yang belum tahu akan Perisai BPJS Ketenagakerjaan maka silahkan simak ulasan kali ini yang akan membahasnya secara sederhana.

Apa itu Perisai BPJS Ketenagakerjaan?

Perisai BPJS Ketenagakerjaan merupakan singkatan dari Penggerak Jaminan Sosial Indonesia yang merupakan program kegiatan kerja milik BPJS Ketenagakerjaan. Program ini merupakan inovasi baru dari BPJS Ketenagakerjaan yang bertujuan untuk memperluas cakupan kepesertaan dan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan. Ditujukan untuk mengakuisisi pekerja informal atau BPU (Bukan Penerima Upah) dan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah).

Tugas dari agen Perisai BPJS Ketenagakerjaan ini adalah mendaftarkan setiap pekerja baik itu pekerja formal maupun non formal, mendaftarkan anggota baru, hingga memberikan sosialisasi atau kegiatan kerja dan mengelola data dari semua anggota yang telah memberikan bukti pembayaran dari anggotanya. Nantinya agen juga akan mendapatkan iuran dari setiap anggota yang bergabung.

Syarat Mendaftar Agen Perisai BPJS Ketenagakerjaan

Untuk bisa menjadi agen Perisai BPJS Ketenagakerjaan pun ada syarat dan ketentuan yang berlaku. Dikarenakan proses pendaftaran hanya dapat dilakukan secara offline yakni mendatangi langsung kantor BPJS Ketenagakerjaan, maka kamu harus membawa beberapa dokumen data diri seperti identitas diri, kartu BPJS, tanda bukti atau ijazah terakhir minimal lulusan SMA. Selain itu, penting untuk mengetahui jam pelayanan kantor BPJS Ketenagakerjaan agar bisa menentukan kapan harus datang dan tidak mengantri lama.

BACA  Cara Cek Nama Penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan Rp. 1.2 Juta Maret 2021

Cara Mendaftarkan Agen Perisai BPJS Ketenagakerjaan

Adapun cara mendaftar agen Perisai BPJS Ketenagakerjaan, kamu bisa menggunakan beberapa langkah berikut ini:

  • Pastikan kamu telah memenuhi semua persyaratan yang ada.
  • Jika sudah maka langsung datangi kantor BPJS Ketenagakerjaan.
  • Setibanya kamu di kantor BPJS Ketenagakerjaan, ambil nomor antrian dan tunggu hingga tiba nomor antrian kamu. Ada baiknya kamu datang lebih awal untuk mendapatkan nomor antrian awal.
  • Saat nomor antrian kamu tiba maka datangi petugas dan sampaikan tujuan kamu yakni untuk mendaftar sebagai agen Perisai. Nantinya petugas akan menjelaskan lebih detail.
  • Selanjutnya kamu akan dimintai persyaratan yang telah kamu persiapkan sebelumnya.
  • Kemudian kamu akan mendapatkan formulir dan isi data yang perlu.
  • Jika semua data sudah masuk dan proses pendaftaran sudah selesai dilakukan maka kamu tinggal menunggu kabar selanjutnya dari petugas.
  • Setelah proses pendaftaran selesai, maka kamu akan mendapatkan informasi selanjutnya melalui nomor handphone yang kamu daftarkan.
  • Terakhir kamu harus melakukan login terlebih dahulu agar petugas bisa menjelaskan bagaimana cara penggunaannya.
  • Selesai, dengan begitu kamu telah berhasil mendaftar sebagai agen resmi Perisai BPJS Ketenagakerjaan.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan kali ini mengenai cara mendaftarkan agen Perisai BPJS Ketenagakerjaan yang bisa kamu gunakan. Semoga bermanfaat dan menjadi tambahan informasi untuk semua.