Cara Mendapatkan Infus Gratis Menggunakan BPJS Kesehatan

Cara Mendapatkan Infus Gratis Menggunakan BPJS Kesehatan

InfoBPJS.id – Tahukah kamu, bahwa selain obat, peserta BPJS juga bisa mendapatkan infus gratis? Bahkan, peserta BPJS juga tak perlu rawat inap untuk mendapatkan infus. Jika kamu belum tahu, maka postingan kali ini akan sangat bermanfaat sebab kita akan membahas cara mendapatkan infus gratis menggunakan BPJS Kesehatan. Berikut ulasan selengkapnya.

Infus Gratis Dari BPJS Kesehatan

Tentunya kita sering menjumpai pasien yang tengah menjalani intravenous therapy atau terapi intravena. Namun mungkin sebagian dari kita masih belum tahu bahwa terapi intravena ini  merupakan pemberian obat melalui injeksi atau alat infus. Cairan infus sendiri biasanya lebih dikenal dengan intravenous fluid yang ada di kantong atau botol steril yang mengalir melalui selang pada bagian tubuh tertentu.

Seringnya kita menganggap infus adalah obat, namun ternyata infus bukanlah obat dan ada beberapa jenis cairan infus yang biasanya digunakan, yakni seperti:

  • Cairan Saline yang berguna untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.
  • Ringer laktat yang berisikan beberapa nutrisi seperti kalsium, natrium, laktat, klorida, kalium dan air yang berguna untuk menggantikan cairan saat terjadi luka, cedera ataupun saat melakukan operasi.
  • Dextorose untuk pasien gula darah rendah atau kadar kalium yang tinggi karena mengandung gula sederhana.
  • Gelatin yang berisikan protein hewani dalam mengatasi kurangnya volume darah karena kehilangan darah.
  • Albumin untuk pasien dengan kadar albumin yang rendah, seperti pasien yang menderita luka bakar berat, operasi transplantasi hati dan lainnya.
  • Dekstran yang berfungsi untuk memulihkan orang yang kehilangan darah dan mencegah tromboemboli setelah operasi.

Sehingga cairan infus tidak hanya 1 saja, banyak sekali cairan infus dan harus diberikan sesuai dengan kondisi pasien. Untuk peserta BPJS Kesehatan juga bisa mendapatkan infus secara gratis dan sesuai dengan kondisi kesehatannya, bahkan tanpa perlu rawat inap karena infus juga bisa diberikan pada pasien rawat jalan apabila dibutuhkan.

BACA  Masa Berlaku Kartu Indonesia Sehat

Cara Mendapatkan Infus Gratis Menggunakan BPJS Kesehatan

Adapun cara untuk bisa mendapatkan infus gratis menggunakan BPJS Kesehatan adalah sebagai berikut ini:

  • Datangi puskesmas atau IGD rumah sakit lalu sampaikan keluhan seeta gejala dari penyakit yang diderita.
  • Apabila memang dibutuhkan maka dokter jaga akan segera memasang infus.
  • Dokter juga akan memberikan obat apabila ada kondisi lain yang harus diatasi.
  • Saat kondisi membaik maka pasien akan diperbolehkan pulang.

Akhir Kata

Itulah ulasan mengenai cara mendapatkan infus gratis menggunakan BPJS Kesehatan. Semoga postingan kali ini bisa bermanfaat dan membantu kamu yang sedang membutuhkannya.

You May Also Like

About the Author: admin