Cara Mendapatkan Kaki Palsu Gratis Menggunakan BPJS

Cara Mendapatkan Kaki Palsu Gratis Menggunakan BPJS

InfoBPJS.id – Masih banyak masyarakat, khususnya peserta BPJS Kesehatan yang tidak mengetahui bahwa mereka bisa mendapatkan kaki palsu gratis menggunakan BPJS. Padahal yang kita tahu harga dari kaki palsu sendiri cukup mahal sehingga dengan menggunakan BPJS adalah solusinya. Nah, bagi kamu yang belum tahu cara untuk mendapatkan kaki palsu gratis menggunakan BPJS maka silakan simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Syarat Mendapatkan Kaki Palsu Gratis Menggunakan BPJS

Sebenarnya kita sudah pernah membahas mengenai alat kesehatan yang mendaptakan tanggungan oleh BPJS Kesehatan, salah satunya kaki palsu. Alat kesehatan prostesa alat gerak baik itu kaki palsu maupun tangan palsu bisa dapatkan secara gratis oleh peserta BPJS Kesehatan apabila sesuai dengan syarat dan prosedur yang berlaku.

Namun perlu peserta ketahui bahwa klaim untuk kaki palsu atau tangan palsu tidak sepenuhnya BPJS Kesehatan tanggung, sebab dana yang digunakan berbentuk subsidi. Pemberian kaki palsu juga hanya berlaku apabila sesuai dengan indikasi medis dan juga berdasarkan rekomendasi dari dokter spesialis orthopedi.

Adapun syarat untuk bisa melakukan klaim prostesa alat gerak dari BPJS Kesehatan adalah sebagai berikut ini.

  • Sesuaikan Harga Kaki Palsu Dengan Plafon Klaim, karena layanan ini BPJS berikan berupa subsidi dana jadi peserta juga harus menyesuaikan harga kaki palsu dengan plafon klaim. Apabila harga kaki palsu yang peserta pilih melebihi dari plafon klaim maka peserta yang akan membayar sisa dari jumlah tanggungan BPJS.
  • Hanya Bisa Dilakukan 5 Tahun Sekali, karena layanan ini berupa subsidi dana. Maka peserta tidak bisa melakukan klaim sesering mungkin. Peserta hanya bisa mendapatkan prostesa alat gerak dari BPJS Kesehatan dalam 5 tahun sekali dan sesuai dengan indikasi medis.
BACA  Daftar Penyakit Peserta PRB BPJS Kesehatan

Cara Mendapatkan Kaki Palsu Gratis Menggunakan BPJS

Apabila semua syarat dan ketentuan sudah peserta pahami, maka berikut ini prosedur atau cara mendapatkan kaki palsu gratis BPJS Kesehatan.

  • Datang ke faskes tingkat pertama yang tertera pada kartu kepesertaan BPJS lalu minta rujukan ke poli rehabilitasi medik.
  • Selanjutnya peserta harus mengikuti proses yang ada di faskes tingkat lanjutan yakni pemeriksaan kondisi alat gerak yang sesuia dengan prosedur dari poli yang ada.
  • Nantinya dokter poli akan memberikan resep prostesa gerak untuk dibuatkan protesa alat gerak berupa kaki palsu.
  • Pasien bisa mengambil alat kesehatan tersebut melalui Instalasi Farmasi Rumah Sakit. Atau bisa juga melalui jaringan fasilitas kesehatan yang memiliki kerja sama dengan BPJS Kesehatan. Dalam langkah ini, peserta juga perlu membawa SEP atau Surat Eljibilitas Peserta atau salinannya dan juga resep yang sudah legalisir.
  • Selanjutnya peserta akan menerima alat kesehatan berupa kaki palsu dan juga perlu menandatangani bukti penerimaan alat kesehatan tersebut.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan mengenai cara mendapatkan kaki palsu gratis BPJS Kesehatan. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi tambahan informasi untuk semua.

You May Also Like

About the Author: admin