Cara Mendapatkan Operasi Penggantian Sendi Lutut Gratis Menggunakan BPJS

Cara Mendapatkan Operasi Penggantian Sendi Lutut Gratis Menggunakan BPJS

InfoBPJS.id – Banyak masyarakat yang belum mengetahui bahwa BPJS juga menanggung layanan operasi, salah satunya operasi penggantian sendi lutut. Dengan menggunakan BPJS, masyarakat yang merupakan peserta aktif BPJS bisa mendapatkan operasi penggantian sendi lutut secara gratis. Bagaimana caranya? Mari silakan simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Operasi Penggantian Sendi Lutut Gratis Menggunakan BPJS

Operasi penggantian lutut merupakan prosedur medis yang dilakukan untuk mengganti sendi lutut yang sudah rusak dengan sendi lutut buatan. Tindakan ini bertujuan guna menghilangkan nyeri dan mengembalikan fungsi gerak pada persendian lutut yang mengalami gangguan. Tindakan operasi sendi lutut juga perlu dilakukan sesegera mungkin pada kasus di mana pasien merasakan sakit atau kekakuan parah pada lutut yang mengakibatkan tidak bisa beraktivitas.

Seperti yang kita ketahui bahwa operasi bedah besar memerlukan biaya yang besar dan tak sedikit masyarakat yang terhalang karena biaya tersebut. Tapi dengan adanya BPJS, pasien dengan sakit ini bisa lebih terbantu karena BPJS juga menanggung layanan operasi sendi lutut. Mulai dari perawatan masalah atau gangguan pada lutut hingga tindakan operasi lutut, telah dijamin sepenuhnya oleh BPJS Kesehatan.

Syarat Mendapatkan Operasi Penggantian Sendi Lutut Menggunakan BPJS

Untuk bisa mendapatkan operasi penggantian sendi lutut, peserta juga perlu memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Sama seperti tindakan medis lainnya yang mana dengan sistem rujukan, pasien juga harus melakukan pemeriksaan awal pada faskes tingkat pertama sebelum mendapatkan tindakan lanjutan seperti operasi pada faskes tingkat lanjutan atau rumah sakit. Pastikan juga untuk selalu membawa kartu kepesertaan BPJS dan KTP saat hendak menggunakan layanan BPJS.

BACA  Cara Mengaktifkan Kartu BPJS Kesehatan yang Menunggak

Cara Mendapatkan Operasi Penggantian Sendi Lutut Menggunakan BPJS

Adapun cara untuk bisa mendapatkan operasi penggantian sendi lutut menggunakan BPJS adalah sebagai berikut ini:

  • Langkah pertama, pasien harus mendatangi dan melakukan pengobatan pada faskes tingkat pertama terlebih dahulu.
  • Setelah dokter melakukan pemeriksaan dan tindakan pertolongan, apabila ada indikasi medis yang memerlukan perawatan tingkat lanjutan maka dokter akan memberikan rujukan layanan tingkat lanjutan.
  • Surat rujukan dari dokter pasa faskes tingkat pertama bisa peserta gunakan untuk mendapatkan pelayanan pada faskes tingkat lanjutan, yakni penanganan oleh dokter spesialis.
  • Dokter spesialis akan melakukan pemeriksaan dan tindakan pertolongan sesuai indikasi medis termasuk tindakan operasi dan juga perawatan pasca operasi.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan mengenai cara mendapatkan operasi penggantian sendi lutut menggunakan BPJS Kesehatan. Semoga bermanfaat dan bisa membantu kamu yang sedang membutuhkan informasi ini.

You May Also Like

About the Author: admin