Cara Mendapatkan Pengobatan Depresi Gratis Menggunakan BPJS

Cara Mendapatkan Pengobatan Depresi Gratis Menggunakan BPJS

InfoBPJS.idCara Mendapatkan Pengobatan Depresi Gratis Menggunakan BPJS. Beratnya ujian hidup tak jarang membuat kita sebagai manusia merasa stress ataupun depresi. Namun sebelum semuanya terlalu jauh, lebih baik kita mencegahnya dengan melakukan pengobatan. Dan kini peserta BPJS sudah bisa melakukan pengobatan terkait gangguan mental ataupun depresi. Semua layanan dan akses pengobatan disediakan secara gratis, asalkan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Untuk lebih jelasnya lagi, marilah simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Pengobatan Depresi Gratis Menggunakan BPJS

Berdasarkan laman resmi BPJS Kesehatan, program JKN atau Jaminan Kesehatan Nasional ini menjamin pelayanan kesehatan masyarakat, termasuk pelayanan bagi peserta JKN-KIS yang mengalami gangguan mental dan atau kejiwaan termasuk depresi. Dengan kata lain, peserta yang mengalami gangguan kesehatan mental bisa mendapatkan akses pengobatan secara gratis.

Layanan kesehatan yang disediakan bisa berupa rehabilitasi medis dan konseling dengan psikolog pada faskes, sesuai dengan indikasi medis dan diagnosis dokter. Dengan begitu peserta yang merupakan pemegang kartu BPJS Kesehatan bisa melakukannya tanpa batasan waktu dengan psikolog yang berkerjasama dengan FKTP atau Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama. Selain itu, BPJS juga menjamin tindakan psikoterapi dan prosedur tes diagnostik kesehatan jiwa.

Cara Mendapatkan Pengobatan Depresi Gratis Menggunakan BPJS Kesehatan

Semua layanan kesehatan BPJS bisa peserata dapatkan secara gratis asalkan memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Salah satunya mampu menunjukkan kartu kepesertaan baik dalam bentuk fisik maupun digital. Apabila syarat sudah terpenuhi maka berikut ini cara mendapatkan pengobatan depresi gratis menggunakan BPJS Kesehatan:

  • Mendatangi faskes tingkat pertama untuk mendapatkan pemeriksaan awal di poli jiwa atau layanan psikolog. Namun jika tidak ada maka kamu bisa meminta surat rujukan untuk mendapatkan pelayanan poli jiwa pada faskes tingkat lanjutan.
  • Lakukan konsultasi langsung di bagian layanan poli jiwa atau psikologi sesuai dengan surat rujukan yang didapatkan dari faskes tingkat pertama.
  • Apabila selesai dari sesi konsultasi dokter menyatakan harus melakukan rawat jalan maka peserta akan mendapatkan obat khusus yang akan semuanya bersifat gratis.
BACA  Cara Menghubungkan MotionPay ke JMO

Akhir Kata

Itulah cara mendapatkan pengobatan depresi menggunakan BPJS Kesehatan. Semoga bermanfaat dan bisa menambah informasi untuk semua.

You May Also Like

About the Author: admin