Cara Mendata Calon Peserta BPJS Ketenagakerjaan Melalui Perisai

InfoBPJS.id – Inovasi baru dari BPJS Ketenagakerjaan, yakni Perisai memiliki banyak manfaat, salah satunya mempermudah dalam mendata calon peserta BPJS Ketenagakerjaan. Sejatinya, Perisai ini merupakan kegiatan kerja baru yang diluncurkan oleh BPJS dengan tujuan memperluas cakupan kepesertaan dan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan. Pekerja dari Perisai ini sebut dengan agen dan hingga kini masih banyak yang kesulitan dalam melakukan pendataan calon peserta BPJS Ketenagakerjaan melalui Perisai. Oleh sebab itu, kali ini kita akan membahasnya. Berikut ulasan selengkapnya.

Mendata Calon Peserta BPJS Ketenagakerjaan Melalui Perisai

Perisai yang merupakan kegiatan kerja dari BPJS ini dilakukan untuk mengakuisisi pekerja informal atau pekerja BPU dan UMKM. Untuk bisa menjadi agen Perisai, kita perlu mendaftar terlebih dahulu dan setelah itu barulah bisa melakukan tugas yang ada. Tujuan lain dengan adanya kegiatan kerja ini adalah mengurangi kecurigaan masyarakat untuk bergabung menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan serta membuka lapangan pekerjaan baru.

Karena menggunakan sistem keagenan, jadi setiap agen mesti mencari dan mengumpulkan anggota lain untuk bergabung dengannya serta mempromosikan kegiatan kerja dari BPJS Ketenagakerjaan. Nantinya agen bisa mendapatkan 7,5% dari iuran anggota yang menjadi binaannya. Selain itu, agen juga bertugas untuk memberikan sosialisasi atas kegiatan kerja jaminan sosial ketenagakerjaan. Serta mengelola data dari anggota serta memberikan tanda bukti pembayaran iuran yang diberikan oleh anggota yang menjadi binaannya.

Cara Mendata Calon Peserta BPJS Ketenagakerjaan Melalui Perisai

Jika telah berhasil mendaftar dan login di Perisai online maka artinya para agen sudah bisa mencari atau mendaya para calon peserta baru. Untuk langkah-langkahnya seperti berikut ini.

  • Informasikan terlebih dahulu persyaratan yang perlu ke calon peserta seperti KTP, nomor HP dan email aktif.
  • Setelah berhasil login maka kamu akan pindah ke laman baru, lanjutkan dengan memasukkan profil peserta baru dari NIK, Nama Lengkap, Tanggal Lahir, Agama, Upah, Lokasi Kerja, nomor HP dan email aktif.
  • Lalu tap “Daftar”.
  • Selanjutnya adalah dengan tap tombol “Lanjut” dan pilih Paket Program Perlindungan dan Periode Iuran Pembayarannya lalu tap “Lanjut”.
  • Nantinya akan muncul rincian data terkait semua data yang telah kamu isi sebelumnya.
  • Periksa lagi semua data yang telah kamu masukkan dan apabila sudah benar maka kami bisa tap tombol “Simpan”.
  • Lanjut dengan melakukan pembayaran iuran pada bank yang telah dipilih.
  • Selesai, dengan begitu peserta akan mendapatkan email terkait bukti pembayaran dan mendapatkan kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dari agen Perisai.
BACA  Cara Mendaftarkan Agen Perisai BPJS Ketenagakerjaan

Akhir Kata

Itulah cara mendata calon peserta BPJS Ketenagakerjaan melalui Perisai. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.