Cara Mengatasi Gagal Pengkinian Data JMO

Cara Mengatasi Gagal Pengkinian Data JMO

Diposting pada

InfoBPJS.id – Hingga saat ini masih banyak peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mengalami kesulitan saat melakukan pengkinian data pada aplikasi JMO. Padahal, untuk mengakses layanan BPJS Ketenagakerjaan, mereka bisa menggunakan aplikasi tersebut. Oleh karena itu, kali ini kita akan membagikan cara untuk mengatasi gagal pengkinian data aplikasi JMO. Berikut ulasan selengkapnya yang patut untuk kamu simak.

Gagal Pengkinian Data JMO

JMO atau Jamsostek Mobile merupakan aplikasi yang bisa membantu peserta BPJS Ketenagakerjaan dalam mengakses layanan seperti cek saldo hingga pengajuan klaim JHT. Untuk bisa menggunakan aplikasi tersebut, peserta harus membuat akun dan melakukan pengkinian data. Namun sayangnya, banyak peserta yang mengalami gagal saat melakukan pengkinian data. Sehingga mengakibatkan mereka tak bisa menggunakan beberapa fitur pada aplikasi tersebut, khususnya fitur klaim JHT.

Penyebab Gagal Pengkinian Data JMO

Gagalnya pengkinian data pada aplikasi JMO biasanya terjadi karena beberapa penyebab, diantaranya adalah:

  1. Data Peserta yang Tidak Sesuai

Penyebab yang pertama adalah peserta yang tidak memasukkan data dengan benar atau tidak sesuai, baik itu NIK, Nama Ibu Kandung dan informasi Tanggal Lahir. Apabila demikian maka proses pengkinian data pada aplikasi JMO akan terus gagal atau tidak lolos verifikasi.

  1. Salah Memasukkan Nomor KPJ

Selanjutnya adalah kesalahan dalam memasukkan nomor KPJ yang mana merupakan syarat penting untuk bisa lolos verifikasi saat melakukan pengkinian data pada aplikasi JMO. Bahkan, apabila peserta memasukkan nomor KPJ yang salah sebanyak 3 kali berturut-turut maka akun JMO miliknya akan diblokir secara otomatis. Selain itu, apabila peserta memiliki lebih dari satu nomor KPJ maka bisa menyebabkan gagal pengkinian data pada aplikasi JMO.

  1. Gagal Saat Melakukan Verifikasi Biometrik
BACA  Cara Install Aplikasi BPJSTKU di Smartphone

Salah satu tahapan dalam melakukan pengkinian data JMO adalah melakukan verifikasi biometrik dan jika gagal dalam tahapan ini maka artinya pengkinian data JMO juga gagal dilakukan.

  1. Cache Penuh

Apabila file cache perangkat peserta penuh biasanya bisa menyebabkan bug atau masalah saat menggunakan aplikasi JMO bahkan gagal dalam melakukan pengkinian data.

  1. Koneksi Internet yang Buruk

Terakhir adalah koneksi internet yang buruk atau tidak stabil juga bisa mempengaruhi proses pengkinian data pada aplikasi JMO yang akhirnya tidak berjalan lancar bahkan gagal terus.

Cara Mengatasi Gagal Pengkinian Data JMO

Setelah mengetahui penyebab dari gagalnya pengkinian data pada aplikasi JMO, maka selanjutnya adalah cara untuk mengatasinya, yakni:

  1. Konfirmasi ke Pihak Perusahaan

Peserta yang mengalami gagal pengkinian data pada aplikasi JMO karena data yang tidak sesuai maka bisa melakukan konfirmasi ke pihak perusahaan. Minta bantuan ke pihak HRD atau Personalia untuk memperbaiki data yang tidak sesuai dengan menyerahkan beberapa berkas seperti fotokopi E-KTP, fotokopi KK, nomor KPJ dan nama ibu kandung. Apabila data pada sistem telah diperbarui maka peserta bisa mengulangi proses pengkinian data pada aplikasi JMO.

  1. Periksa Kembali Nomor KPJ

Peserta juga perlu memeriksa kembali nomor KPJ melalui situs resmi BPJS Ketenagakerjaan, Call Center ataupun langsung mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat. Apabila telah mendapatkan nomor KPJ yang sesuai maka peserta sudah bisa mengulangi kembali proses pengkinian data pada aplikasi JMO.

  1. Ulangi Proses Verifikasi Biometrik

Saat mengulangi proses verifikasi biometrik, peserta harus memastikan telah mengikuti intruksi yang ada di layar. Ingat, bahwa tiga kali gagal secara berturut-turut saat melakukan verifikasi biometrik maka akun JMO tersebut bisa diblokir. Jadi jika sudah gagal sebanyak dua kali maka sebaiknya keluar dulu dari aplikasi lalu kemudian lakukan kembali pengkinian data dari tahap awal.

  1. Perbaiki Koneksi Internet
BACA  Cara Tracking Klaim BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

Apabila koneksi internet yang tidak stabil menjadi penyebab gagalnya pengkinian data JMO maka artinya peserta harus memperbaiki koneksi internet tersebut, baik menggunakan koneksi Wi-Fi ataupun jaringan 4G Lte. Karena dengan koneksi internet yang lancar dan stabil bisa memperlancar proses pengkinian data JMO.

  1. Bersihkan Cache

Terakhir adalah dengan membersihkan cache apabila penuhnya file pada cache menjadi penyebab gagalnya pengkinian data JMO. Peserta bisa membersihkan cache dengan cara yang sesuai dengan perangkatnya.

Akhir Kata

Itulah beberapa cara mengatasi gagal pengkinian data JMO yang bisa kamu gunakan. Semoga bermanfaat dan menambah informasi untuk semua.