Cara Mengatasi Gagal Verifikasi Biometrik JMO BPJS Ketenagakerjaan

Cara Mengatasi Gagal Verifikasi Biometrik JMO BPJS Ketenagakerjaan

Diposting pada

InfoBPJS.id Cara Mengatasi Gagal Verifikasi Biometrik JMO BPJS Ketenagakerjaan. Adanya aplikasi JMO BPJS Ketenagakerjaan membuat para peserta lebih mudah dalam mengakses informasi terkait layanan BPJS Ketenagakerjaan. Mulai dari cek saldo hingga mencairkan saldo BPJS Ketenagakerjaan pun bisa dilakukan menggunakan aplikasi resmi dari BPJS Ketenagakerjaan ini. Namun sayangnya, sebagian orang sering mengalami gagal verifikasi biometrik yang biasanya dibutuhkan saat melakukan Pengkinian Data.

Lalu, mengapa verifikasi biometrik JMO BPJS Ketenagakerjaan bisa gagal? Jika hal tersebut terjadi pada kita, apa yang harus dilakukan? Nah, untuk menjawab pertanyaan – pertanyaan tersebut kamu bisa simak postingan kali ini yang akan membahas cara mengatasi gagal verifikasi biometrik JMO BPJS Ketenagakerjaan. Berikut ulasan selengkapnya.

Verifikasi Biometrik JMO BPJS Ketenagakerjaan

Pada aplikasi JMO BPJS Ketenagakerjaan, tersedia beberapa fitur bermanfaat yang bisa peserta gunakan, salah satunya adalah fitur Pengkinian Data. Untuk menggunakan fitur tersebut, peserta BPJS Ketenagakerjaan wajib untuk melakukan verifikasi biometrik sebagai salah satu tahapannya. Tahap ini merupakan proses pemindaian wajah, suara, gerakan dan lainnya. Hal ini penting untuk memastikan data peserta telah sesuai dengan data yang tercantum.

Akan tetapi, beberapa peserta mengalami kendala sehingga tidak bisa lolos pada tahap verifikasi biometrik ini. Dan masalahnya apabila peserta gagal melakukan verifikasi biometrik ini, maka peserta tidak bisa melalukan Pengkinian Data yang merupakan syarat utama untuk menggunakan fitur lainnya seperti klaim saldo, mengganti nomor HP dan sebagainya.

Penyebab Gagal Verifikasi Biometrik JMO BPJS Ketenagakerjaan

Untuk itu, perlu untuk mengetahui apa saja yang menjadi penyebab gagalnya melakukan verifikasi biometrik JMO BPJS Ketenagakerjaan agar bisa mengatasi kegagalan tersebut. Adapun yang menjadi penyebab gagal verifikasi biometrik JMO adalah sebagai berikut:

  • E-KTP yang sudah rusak sehingga tidak bisa terbaca dengan jelas oleh sistem.
  • Foto yang di upload blur atau kurang jelas.
  • Foto selfie tidak mengikuti atau tidak sesuai dengan arahan yang tertera pada aplikasi.
  • Terjadi bug sistem pada aplikasi JMO.
BACA  Cara Cetak Ulang Antrian Lapak Asik BPJS Ketenagakerjaan

Cara Mengatasi Gagal Verifikasi Biometrik JMO BPJS Ketenagakerjaan

Setelah mengetahui penyebab gagal verifikasi biometrik JMO BPJS Ketenagakerjaan, maka kita bisa mengetahui solusi atau cara untuk mengatasinya yang antara lain adalah:

  • Lakukan pembaruan aplikasi JMO melalui Play Store atau App Store untuk mengatasi gagal verifikasi biometrik JMO BPJS Ketenagakerjaan apabila penyebabnya adalah bug sistem pada aplikasi.
  • Membersihkan file cache apabila penyebabnya adalah bug sistem pada aplikasi.
  • Perbaiki kondisi e-KTP jika memang kondisi fisik e-KTP sudah rusak dan menyebabkan sistem aplikasi tidak bisa membacanya dengan jelas. Peserta bisa memperbaiki e-KTP yang rusak dengan mendatangi kantor Disdukcapil setempat dan sampaikan tujuam ke petugas yakni untuk membuat e-KTP baru.
  • Ambil foto e-KTP dan foto selfie menggunakan e-KTP dengan jelas dan sesuai dengan arahan yang ada pada aplikasi, apabila masalahnya adalah foto yang tidak sesuai dengan aturan di aplikasi JMO BPJS Ketenagakerjaan.

Akhir Kata

Itulah beberapa cara mengatasi gagal verifikasi biometrik JMO yang bisa kamu lakukan. Semoga berguna dan menjadi tambahan informasi untuk semua.