Cara Mengatasi Kartu BPJS Nonaktif Karena Data Ganda

InfoBPJS.idCara Mengatasi Kartu BPJS Nonaktif Karena Data Ganda. Untuk bisa mendapatkan layanan kesehatan dari BPJS, kita perlu bergabung dan menjadi peserta aktif. Apabila status kepesertaan kita tidak aktif maka tidak bisa berobat menggunakan BPJS sampai status kepesertaan tersebut di aktifkan kembali. Sebenarnya ada banyak penyebab mengapa kepesertaan BPJS bisa menjadi tidak aktif, salah satunya adalah data kepesertaan ganda. Lalu, bagaimana cara untuk mengatasi juga kartu BPJS dinonaktifkan karena data ganda? Mari simak ulasan selengkapnya berikut ini yang akan membahasnya lebih jelas.

Kartu BPJS Nonaktifkan Karena Data Ganda

Penyebab umum yang terjadi saat kepesertaan peserta BPJS di nonaktifkan adalah menunggak iuran bulanan, namun tak sedikit juga yang mengalami dimana kartu kepesertaan BPJS milik mereka dinonaktifkan karena data ganda meski tidak pernah menunggak iuran bulanannya. Dan biasanya peserta baru menyadari hal ini saat hendak menjalani pengobatan dengan BPJS atau saat peserta akan menjalani rawat inap di rumah sakit, peserta akan mendapatkan informasi terkait kartu kepesertaan BPJS miliknya berstatus nonaktif karena data ganda.

Penyebab Data Ganda

Seringnya peserta tidak menyadari mereka memiliki data ganda pada sistem BPJS. Namun perlu kamu ketahui ada beberapa hal yang menjadi penyebab data ganda tersebut, antaranya adalah:

  • Sebelumnya sudah terdaftar sebagai peserta BPJS PBI pemegang kartu KIS yang iuran perbulannya mendapatkan tanggungan dari pemerintah tanpa sepengetahuannya dan peserta melakukan pendaftaran BPJS Mandiri atau Perusahaan.
  • Sebelumnya terdaftar menjadi peserta BPJS Mandiri atau BPJS PBI lalu peserta bekerja pada sebuah perusahaan dan perusahaan mendaftarkan kembali peserta menjadi peserta BPJS Kesehatan Perusahaan.
BACA  Prosedur MRI Menggunakan Layanan BPJS Kesehatan

Cara Mengatasi Kartu BPJS Nonaktif Karena Data Ganda

Untuk peserta BPJS yang dinonaktifkan karena data ganda, perlu mengaktifkan kembali kepesertaannya agar bisa menggunakan layanan kesehatan menggunakan BPJS kembali. Adapun caranya sebagai berikut ini:

  • Menghubungi BPJS Kesehatan Customer Care pada kontak1500400. Atau bisa juga melalui media sosial resminya seperti Facebook ataupun Twitter dengan username BPJS Kesehatan RI.
  • Mendatangi langsung kantor BPJS untuk memperbaiki data ganda tersebut dengan membawa beberapa dokumen syarat seperti kartu BPJS, KK atau Kartu Keluarga dan fotokopi KTP.

Nantinya petugas akan memeriksa data ganda tersebut dan menonaktifkan salah satu kepesertaan kamu. Dengan begitu kartu BPJS kamu bisa aktif kembali.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan kali ini mengenai cara mengatasi kartu BPJS nonaktif karena data ganda. Semoga bermanfaat dan bisa membantu kamu yang sedang membutuhkan informasi ini.