Cara Menggunakan BPJS untuk Perawatan Kesehatan Mental

Cara Menggunakan BPJS untuk Perawatan Kesehatan Mental

InfoBPJS.id – Salah satu manfaat BPJS Kesehatan yang bisa kita dapatkan adalah perawatan kesehatan mental. Dengan layanan BPJS ini, peserta yang memiliki masalah dengan kesehatan mentalnya bisa mendapatkan perawatan secara gratis asalkan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini ulasan mengenai cara menggunakan BPJS untuk perawatan kesehatan mental.

Perawatan Kesehatan Mental Dengan BPJS

Pelayanan Program JKN-KIS menjamin pelayanan kesehatan masyarakat, termasuk pelayanan kesehatan bagi peserta yang termasuk ODGJ atau Orang Dengan Gangguan Jiwa. Tak hanya itu, peserta bisa memperoleh manfaat dari program kesehatan ini sesuai dengan indikasi medis. Begitu pula untuk pengobatan bagi peserta penyandang disabilitas jiwa karena bisa diakses secara gratis. Namun tentunya hal tersebut bisa dilakukan hanya dengan diagnosis dan indikasi medis yang diberikan oleh dokter.

Syarat Menggunakan BPJS untuk Perawatan Kesehatan Mental

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk bisa mendapatkan perawatan kesehatan mental dengan fasilitas BPJS, yakni:

  • Kartu BPJS Kesehatan atau KIS beserta fotokopiannya
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Hasil Diagnosis Dokter

Menggunakan BPJS untuk Perawatan Kesehatan Mental

Cara Menggunakan BPJS untuk Perawatan Kesehatan Mental

Apabila semua persyaratan sudah terpenuhi maka berikut cara menggunakan BPJS untuk perawatan mental.

  • Datangi Faskes Pertama yang bisa berupa puskesmas, klinik kesehatan maupun rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.
  • Lakukan konsultasi di faskes tingkat pertama dengan terlebih dahulu menyerahkan KTP, KK dan kartu BPJS.
  • Apabila di faskes tingkat pertama tidak ada poli kejiwaan, maka pasien bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter umum yang praktik untuk pemeriksaan awal. Dan jika dirasa perlu, maka dokter akan merujuk ke rumah sakit yang memiliki layanan yang dibutuhkan dengan memberikan surat rujukan.
  • Lakukan pemeriksaan lanjutan di rumah sakit yang dirujuk oleh dokter dan ikuti instruksi yang diberikan.
BACA  Alat – Alat Kesehatan Yang BPJS Kesehatan Tanggung

Penutup

Itulah cara menggunakan BPJS untuk perawatan mental yang mungkin sedang kamu butuhkan. Sampaikan juga informasi ini untuk yang lainnya agar lebih mudah dalam menggunakan layanan BPJS Kesehatan.

You May Also Like

About the Author: admin