Cara Menghentikan BPJS Ketenagakerjaan Gojek

InfoBPJS.idCara Menghentikan BPJS Ketenagakerjaan Gojek. BPJS Ketenagakerjaan merupakan salah satu program pemerintah yang memiliki tujuan untuk memberikan jaminan risiko kepada setiap pekerja tak terkecuali untuk para pengemudi atau driver Gojek. Ini dikarenakan kewajiban bagi semua perusahaan yang memiliki lebih dari 10 tenaga kerja untuk mendaftarkan para pekerjanya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Seperti yang kita tahu bahwa perusahaan Gojek memiliki banyak sekali tenaga kerja dari beberapa layanan yang tersedia.

Nah, pada postingan kali ini kita akan memberikan cara untuk menghentikan BPJS Ketenagakerjaan Gojek yang biasanya dibutuhkan peserta yang ingin resign atau berhenti dari perusahaan Gojek dan beralih ke pekerjaan yang baru. Mari langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Cara Menghentikan BPJS Ketenagakerjaan Gojek

Untuk menghentikan atau menonaktifkan BPJS Ketenagakerjaan Gojek sebenarnya sangat mudah dan hampir sama dengan cara menonaktifkan BPJS Ketenagakerjaan perusahaan lainnya. Peserta bisa melakukan secara mandiri atau perusahaan Gojek yang mengurusnya. Berikut ini lebih jelasnya lagi.

1. Cara Menghentikan BPJS Ketenagakerjaan Gojek Mandiri

Untuk menghentikan BPJS Gojek secara mandiri, peserta hanya bisa melakukannya apabila perusahaan yang bersangkutan belum menghentikan kepesertaannya. Sehingga perlu untuk melakukan konfirmasi terlebih dahulu ke perusahaan Gojek terkait hal ini. Jika sudah dan peserta tetap ingin menonaktifkan secara mandiri maka mintalah surat penonaktifan dari perusahaan. Berikut langkah-langkahnya:

  • Siapkan terlebih dahulu surat resign atau surat referensi kerja dari perusahaan Gojek yang berisikan pernyataan bahwa benar kamu bekerja di perusahaan bersangkutan dan berisikan informasi mengenai durasi kerja, alamat penempatan beserta keterangan lainnya.
  • Lengkapi juga dokumen pendukung lainnya seperti Kartu BPJS Ketenagakerjaan atau KJP, fotokopi KTP, fotokopi KK, fotokopi Akta Kelahiran dan pas foto 3×4 sebanyak 2 lembar.
  • Jika semua surat dan dokumen telah lengkap maka datangi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat lalu ambil nomor antrian.
  • Tunggu hingga nomor antrian kamu dipanggil dan jika sudah gilirannya maka temui petugas untuk menyampaikan maksud kedatangan kamu yakni mengurus penonaktifan atau berhenti jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.
  • Untuk menyelesaikan proses penonaktifan atau berhenti jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, peserta harus melunasi tunggakan yang ada. Dan jika tidak ada maka akan langsung menerima surat keterangan penonaktifan atau berhenti kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.
BACA  Syarat dan Cara Mengurus Kartu BPJS Ketenagakerjaan yang Hilang

Cara Menghentikan BPJS Ketenagakerjaan Gojek Melalui Perusahaan

Cara kedua adalah dibantu atau dilakukan oleh pihak perusahaan. Artinya peserta hanya perlu mengisi formulir penonaktifan atau berhenti kepesertaan lalu perusahaan yang akan mengurus semuanya. Jika sudah selesai maka peserta akan diberikan bukti surat keterangan penonaktifan atau berhenti kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan mengenai cara menghentikan BPJS Gojek yang bisa kamu gunakan. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi tambahan informasi untuk semua.