Cara Mengubah Faskes BPJS Kehehatan Dari HP

InfoBPJS.idCara Mengubah Faskes BPJS Kehehatan Dari HP. Artikel ini akan memberikan informasi tentang Cara Mengubah Faskes BPJS Kehehatan Dari HP. Bagi kamu yang ingin mengubah faskes tingkat pertama, dapat kamu ubah hanya ari HP. Bagaimana cara merubah faskes BPJS melalui HP, berikut penjelasan dan panduannya.

Faskes Tingkat I BPJS Kesehatan

Faskes Tingkat 1 merupakan fasilitas kesehatan prioritas utama pada saat kamu sebagia peserta BPJS Kesehatan mendapatkan perawatan pertama saat sakit. Untuk faskes sendiri bisa beruapa klinik dokter umum, rumah sakit atau puskesmas.

Jadi pada saat kamu ingin berobat menggunakan layanan BPJS Kesehatan, kamu harus berobat ke faskes yang terdaftar pada BPJS Keseahtan Milikmu. Jika kamu ingin mengetahui dimana faskes BPJS milikmu, kamu dapat memeriksanya pada Kartu BPJS Kesehatan milikmu. Atau kamu juga dapat memeriksanya pada aplikasi Mobile JKN.

Aplikasi Mobile JKN merupakan aplikasi resmi dari BPJS Kesehatan yang fungsinya untuk memudahkan peserta dalam mengetahui informasi seputar data peserta, pembayaran bpjs mandiri, cek kepesertaan, mengubah data peserta dan masih banyak lagi.

Jadi wajib untuk download aplikasi Mobile JKN dan mendaftarkan akun BPJS Kesehatan milikmu. Bahkan dengan menggunakan aplikasi JKN Mobile, kamu dapat mengunduh kartu BPJS apabila kartu milikmu hilang.

Cara Mengganti Faskes BPJS Kesehatan Melalui HP

Selain itu, kamu juga bisa menggati faskes tingkat pertama pada aplikasi JKN Mobile ini. Apabila kamu merasa lokasi faskes tingkat pertama cukup jauh, kamu dapat mengubahnya dengan menggunakan aplikasi Mobile JKN. Berikut panduan yang bisa kamu ikuti :

  • Langkah pertama, buka Aplikasi Mobile JKN pada perangkat yang kamu gunakan.
  • Kemudian silahkan login menggunakan akun milikmu.
  • Setelah kamu berhasil login, pada halaman utama kamu ketuk pada “Menu Lainnya”.
  • Langkah selanjutnya kamu ketuk pada pilihan “Perubahan Data Peserta”.
  • Setelah itu, scroll kebawah dan ketuk pada pilihan “Fasilitas Kesehatan Tingkat I”.
  • Apabila kamu ingin mengubah seluruh faskes pada anggota keluarga milimu, centang opsi “Perubahan Satu Keluarga” dan silahkan pilih Provinsi, Kota/Kabupaten lalu kamu pilih Fasilitas Kesehatan yang tersedia.
  • Pastikan kamu mencari faskes tingkat pertama yang dekat dengan lokasi kamu tinggal.
  • Untuk menyimpan perubahan ketuk tombol “Simpan”.
BACA  Cara Aktifkan Kepesertaan BPJS Kesehatan Yang Terblokir

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan dan tutoril tentang merubah faskes kesehatan tingkat pertama dari HP. Semoga bisa memberikan manfaat untuk kamu yang sedang menbutuhkannya.