Cara Mengubah Nama Bayi Menjadi Nama Sebenarnya Pada Kartu BPJS

InfoBPJS.idCara Mengubah Nama Bayi Menjadi Nama Sebenarnya Pada Kartu BPJS – Pada dasarnya bayi yang baru saja lahir bisa langsung mendapatkan kartu BPJS miliknya. Namun  nama yang tertera masih dengan tulisan “bayi ny. (nama ibu)”. Untuk itu, pada postingan kali ini kita akan membahas cara mengubahnya, karena sebagian orang tua baru masih ada yang belum mengetahuinya. Berikut ulasan selengkapnya.

Mengubah Nama Bayi Pada Kartu BPJS

BPJS merupakan program layanan kesehatan milik pemerintah yang wajib masyarakat Indonesia ikuti tak terkecuali dengan bayi. Ya, bayi yang baru lahir pun wajib untuk daftar oleh orang tuanya dan biasanya nama yang tertera pada kartu BPJS bukanlah nama asli dari si bayi.

Kartu BPJS bayi tersebut hanya memiliki batas berlaku selama 3 bulan, oleh sebab itu, orang tua perlu mengubahnya namanya sekaligus memperpanjang masa aktifnya sebelum habis masa berlakunya. Dan cara mengubahnya pun sangat mudah dan cepat, sehingga tidak ada alasan untuk enggan mengurusnya.

Syarat Yang Diperlukan

Sebelum mengurus perubahan nama bayi tersebut, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yakni:

1. Fotokopi KK atau Kartu Keluarga yang sudah mencantumkan nama bayi.
2. Fotokopi Akte kelahiran bayi.
3. Fotokopi KTP Ibu atau Bapak si bayi.
4. Kartu BPJS asli bayi yang belum mencantumkan namanya.

Cara Mengubah Nama Bayi Pada Kartu BPJS

Apabila telah mengantongi syarat – syarat yang diperlukan maka bisa langsung mendatangi kantor cabang BPJS yang sesuai dengan alamat KTP dan lakukan langkah – langkah berikut:

  • Datangi bagian pendaftaran untuk mendapatkan nomor antrian dan beritahu bahwa tujuan kamu kesana untuk mengubah nama bayi yang sudah lahir sesuai dengan akte.
  • Setelah mendapatkan nomor antrian, petugas akan meminta kamu untuk mengisi formulir permohonan perubahan data.
  • Isi formulir dengan data yang lengkap dan berikan tandatangan.
  • Apabila telah selesai mengisi formulir, masuk dan tukarkan nomor antrian ke security lalu naik dan tunggu di lantai 2.
  • Jika sudah sampai pada nomor antrian kamu, maka kamu bisa memberitahu tujuan kamu dan berikan persyaratan yang telah kamu bawa kepada petugas.
  • Selanjutnya petugas akan menginput nama serta tanggal lahir bayi dan tidak sampai 5 menit kartu bpjs bayi akan langsung dicetak dengan nama bayi yang sebenarnya.
BACA  Solusi Mengatasi Mobile JKN yang Tidak Bisa Verifikasi Nomor HP

Itulah cara mengubah nama bayi menjadi nama sebenarnya pada kartu BPJS. Bagaimana? Mudah bukan? Semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu yang tengah membutuhkan cara ini ya.