Cara Menonaktifkan Autodebet BPJS BNI

InfoBPJS.id – Jika kamu salah satu peserta BPJS Kesehatan dan ingin menonaktifkan layanan autodebet BPJS BNI, maka postingan kali ini akan sangat membantu sebab kita akan membahas cara menonaktifkan autodebet BPJS BNI. Untuk lebih jelasnya lagi, simaklah ulasan selengkapnya berikut ini.

Menonaktifkan Autodebet BPJS

Seperti yang kita tahu bahwa untuk mempermudah pesertanya agar tidak terkena denda iuran akibat telat membayar, BPJS pun menyediakan layanan autodebet yang bisa kita gunakan baik melalui Bank ataupun e-wallet lainnya. Dengan mengaktifkan fitur autodebet, kamu yang biasanya lupa akan tanggal dan akhirnya telat membayar iuran BPJS pun bisa lebih aman. Sebab aplikasi ini akan membayarkan iuran BPJS kamu secara otomatis.

Namun jika akhirnya kamu berada pada situasi atau kendala tertentu seperti keuangan atau ekonomi yang tidak stabil, maka autodebet ini bisa menjadi penghalang untuk kamu. Jika sudah demikian, maka artinya kamu perlu menonaktifkan autodebet BPJS.

Menonaktifkan autodebet BPJS sebenarnya adalah jalan akhir apabila kamu memang sedang kesulitan ekonomi, sebab dengan autodebet ini kita tidak perlu khawatir akan denda saat lupa membayar. Namun sebagian orang ada juga yang memilih untuk menonaktifkan autodebet dan beranggapan bahwa membayar denda tunggakan iuran lebih baik saat berada pada situasi tertentu.

Syarat Berkas

Untuk bisa menonaktifkan autodebet maka kamu perlu menyediakan beberapa syarat berkas seperti:

  • KTP
  • Kartu ATM BNI dan buku rekening BNI.
  • Persiapkan juga Kartu Keluarga, kartu BPJS dan Kartu Indonesia Sehat.

Cara Menonaktifkan Autodebet BPJS BNI

Jika kamu telah mengantongi beberapa syarat berkas yang telah kita bacakan sebelumnya, maka kamu bisa melakukan penonaktifan autodebet BPJS BNI menggunakan langkah – langkah berikut ini.

  • Kunjungi kantor cabang Bank BNI dan lanjut ambil nomor antian.
  • Setelah tiba nomor antrian kamu, maka selanjutnya dipanggil oleh Customer Service dan sampaikan tujuan kamu yakni menonaktifkan autodebet BPJS BNI.
  • Setelah itu, petugas akan membantu pemberhentian autodebet BPJS kamu dengan menggunakan persyaratan diatas.
BACA  Cara Membeli Kacamata yang BPJS Kesehatan Tanggung

Persiapkan juga biaya ganti materi 6000, sebab nantinya akan dibutuhkan saat menyelesaikan proses penonaktifan autodebet BPJS BNI.

Itulah ulasan yang mungkin bisa membantu kamu dalam mengatasi masalah tentang BPJS. Bagaimana? Mudah bukan? Selamat mencoba ya.