Cara Minta Surat Rujukan BPJS dengan Benar

InfoBPJS.idCara Minta Surat Rujukan BPJS dengan Benar – Pada postingan kali ini, kita akan membahas mengenai cara minta surat rujukan BPJS secara online . Bagi kamu yang hendak menggunakan surat rujukan untuk berobat dengan layanan BPJS dengan benar maka bisa melanjutkan dan simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Peserta yang Bisa Meminta Rujukan

Surat rujukan bisa kamu gunakan untuk beberapa keperluan seperti pengobatan rawat jalan, pengobatan rawat inap, pengobatan darurat dan di luar kota. Biasanya surat ini dokter berikan pada faskes tingkat I dan peserta yang bisa meminta rujukan adalah peserta yang memenuhi persyaratan berikut:

  • Pasien yang membutuhkan layanan kesehatan spesialistik atauoun subspesialistik.
  • Kasus medis yang menjadi kompetensi fasilitas kesehatan tingkat pertama harus selesai dengan tuntas kecuali karena keterbatasan SDM, sarana dan prasarana.

Jika kondisi peserta tidak memenuhi persyaratan tersebut maka tidak bisa dirujuk dan apabila memaksa maka akan ada tiga kata pada surat rujukan yakni APS atau Atas Permintaan Sendiri yang artinya pasien harus menanggung biaya pengobatan sendiri.

Dokumen Untuk Meminta Surat Rujukan BPJS

Untuk bisa menggunakan surat rujukan, ada beberapa dokumen lain yang perlu kita persiapkan untuk diserahkan ke rumah sakit rujukan, yakni:

  • Fotokopi KTP.
  • Fotokopi KK.
  • Kartu BPJS Kesehatan asli dan fotokopi.
  • Surat rujukan dari faskes pertama.
  • Kartu berobat.

Khusus peserta BPJS Kesehatan yang dari luar kota harus mengajukan surat pengantar ke kantor BPJS dari daerah asal.

Cara Meminta Surat Rujukan BPJS

Sebenarnya surat rujukan manual masih berlaku, namun saat ini rujukan online sudah mulai berjalan secara bertahap pada sebagian fasilitas kesehatan. Dengan tujuan untuk memudahkan dan memastikan peserta dalam memperbesar layanan kesehatan di rumah sakit. Layanan ini sesuai dengan jarak, kompetensi dan kapasitas rumah sakit tujuan rujukan.

BACA  Cara Cetak Ulang Antrian Lapak Asik BPJS Ketenagakerjaan

Baik manual ataupun online, cara untuk meminta surat rujukan BPJS tetaplah sama yakni harus mengunggah dokumen yang diperlukan. Kunjungi faskes pertama dan lakukan pemeriksaan terlebih dahulu dan apabila dokter menyatakan harus mendapatkan rujukan maka kamu bisa meminta surat rujukan.

Demikianlah cara meminta surat rujukan BPJS. Semoga bermanfaat dan dapat menambah informasi terutama bagi kamu yang sedang membutuhkan.