Cara Mudah Atasi Lupa Nomor Peserta BPJS Kesehatan

InfoBPJS.id – Postingan kali ini akan mengulas tentang Cara Mudah Atasi Lupa Nomor Peserta BPJS Kesehatan. Bagi kamu yang mengalami hal ini, tentunya ingin mencari solusi dalam mengatasi masalah lupa Nomor kartu BPJS dan berikut ini ulasan dan tutorial yang dapat kamu lakukan.

Fitur BPJS Kesehatan

Bagi kamu peserta BPJS hal wajib bagi kamu harus mengetahui nomor kartu bpjs kesehatan kamu. Dengan nomor katu bpjs, kamu bisa melalukan pengecekan terhadap iuran bulanan kamu apakah sudah dibayar atau belum, dan juga ini bisa menjadi solusi jika kamu lupa membawa kartu bpjs.

Selain itu nomor kartu bpjs juga sangatlah penting dalam pengecekan dan melakukan pembayaran, memeriksa saldo dan pengecekan keaktifan kartu. Tak sedikit yang mengalami masalah lupa nomor kartu BPJS kesehatan karena faktor masing – masing.

Hal yang paling membingungkan nantinya jika nomor peserta tersebut kamu butuhkan secara mendadak. Terus bagaimana cara mengecek nomor kartu BPJS ? sebenarnya ada beberapa cara yang dapat kamu coba, Berikut ini adalah tutorial yang mungkin biasa mengatasi dan menjadi solusi untuk hal tersebut.

1. Cek Menggunakan Aplikasi Mobile JKN

Hal pertama adalah dengan menggunakan aplikasi dari pihak bpjs itu sendiri yaitu Mobiel JKN. Kamu bisa mengunduh aplikasi Mobile JKN untuk mengecek nomor bpjs milikmu.

Berikut cara menggunakannya :

  • Buka aplikasi Mobile JKN pada perangkat yang kamu gunakna.
  • Login UserID dan masukkan password yang kamu gunakan untuk mendaftar online BPJS.
  • Jika kamu sudah berhasil login, langkah berikutnya adalah masuk ke menu “Peserta
  • Setelah itu, pilih jenis kartu yang kamu gunakan untuk melakukan pengecekan.
  • Selesai, akan muncul 13 digit nomor BPJS Kesehatan milikmu.
BACA  Cara Bayar BPJS Kesehatan Melalui M-Banking BSM

2. Cek Menggunakan SMS

Cara ini mungkin lebih mudah dari sebelumnya, pastinya kamu harus memilik pulsa untuk mengirim SMS. Layanan ini pada umumnya mengetahui informasi terkait tentang layanan BPJS Kesehatan tersebut.

Tentunya kamu juga bisa mengetahui nomor identitas peserta. Pada cara ini kamu harus mengetahui nomor KTP miliikmu. Berikut format SMS yang harus kamu kirim :

  • Pada kolom pesan kamu ketikkan NIK <spasi> Nomor Induk Kependudukan
  • Kamu kirim ke nomor 087775500400

Demikianlah beberapa Cara Mudah Atasi Lupa Nomor Peserta BPJS Kesehatan. Semoga bermanfaat dan membantu kita semua dalam mengatasi masalah seperti ini. Selamat mencoba.