Cara Mudah Bayar BPJS Melalui ATM Mandiri
Cara Mudah Bayar BPJS Melalui ATM Mandiri

Cara Mudah Bayar BPJS Melalui ATM Mandiri

Diposting pada

InfoBPJS.idCara Mudah Bayar BPJS Melalui ATM Mandiri – Kian kemari, semakin mudah kita dengan adanya layanan bertenologi canggih. Dan salah satu bentuk teknologi yang bermanfaat dan memudahkan kita dalam kehidupan adalah ATM yang merupakan perangkat elektronik untuk melayani nasabah bank. Selain untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan, ATM juga bisa kita gunakan untuk berbagai kepentingan lainnya, seperti melakukan pembayaran iuran BPJS.

Untuk itu, pada postingan kali ini kita akan membahas mengenai cara mudah bayar BPJS melalui ATM Mandiri. Dengan cara ini tentunya kamu tidak perlu lagi ke kantor cabang BPJS untuk melakukan pembayaran iuran setiap bulannya. Berikut ulasan selengkapnya.

Pembayaran Melalui ATM Mandiri

Sebenarnya sudah banyak ATM bank yang bisa kita gunakan untuk melakukan pembayaran BPJS, mulai dari bank Mandiri, BNI, BRI, BCA dan lainnya. Mesin canggih tersebut memiliki menu tersendiri untuk melakukan pembayaran dan biasanya langkah – langkahnya pun tidaklah jauh berbeda dari ATM bank yang satu dengan bank lainnya.

Namun meski demikian, kita tetap harus memperhatikan hal lainnya, mulai dari waktu pembayaran hingga kode bank yang dituju. Jangan sampai kita melewati batas pembayaran sehingga mendapatkan denda atau salah kode bank sehingga proses transaksi pun menjadi rumit.

Untuk pembayaran BPJS melalui ATM, kita harus memasukkan kode diawal berdasarkan dengan bank yang kita gunakan. Misalnya untuk pembayaran melalui Mandiri 89888, BRI 88888 atau BNI 88888. Angka tersebut kita letakkan didepan 11 digit angka nomor virtual dari belakang kartu BPJS kita. Contohnya untuk menggunakan ATM Mandiri 8988801308457962.

BACA  Daftar dan Prosedur Pengajuan Operasi Menggunakan BPJS Kesehatan

Cara Mudah Bayar BPJS Melalui ATM Mandiri

Adapun cara mudah untuk melakukan pembayaran melalui ATM bank Mandiri adalah sebagai berikut :

  • Pertama, masukkan terlebih dahulu kartu ATM mandiri kamu ke lubang kartu yang telah disediakan pada mesin ATM Mandiri.
  • Kemudian pilih bahasa yang kamu mau, English atau Indonesia.
  • Selanjutnya masukkan PIN ATM kamu.
  • Lalu pilih menu “Bayar/Beli”.
  • Pilih dan tekan pula menu “BPJS”.
  • Pilih dan klik salah satu yang kamu mau yakni “BPJS Kesehatan” atau “BPJS Ketenagakerjaan”.
  • Setelag itu pilih menu “Individu”.
  • Lalu masukkan ID Billing kamu yang berjumlah 16 digit.
  • Masukkan jumlah iuran bulanan yang akan kamu bayarkan.
  • Saat muncul konfirmasi pembayaran, tekan angka “1” lalu pilih “Ya”.
  • Terakhir, mesin ATM akan mengeluarkan struk bukti pembayaran yang artinya transaksi kamu telah berhasil.

Itulah cara mudah bayar BPJS melalui ATM Mandiri. Bagaimana? Mudah bukan? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya.