Cara Mudah Cek Faskes BPJS di Semua Daerah

InfoBPJS.id – Sebelum memilih faskes BPJS, penting untuk mengetahui alamat terlebih dahulu guna menghindari kesulitan nantinya, seperti lokasi faskes yang jauh dari rumah atau hal lainnya. Dan beberapa peserta BPJS masih ada yang belum mengetahui cara untuk mengecek faskes BPJS untuk semua daerah. Apabila kamu salah satunya, maka patut untuk menyimak ulasan selengkapnya sebab kita akan membahas cara mudah cek faskes BPJS di semua daerah. Mari disimak ya.

Cek Faskes BPJS Untuk Semua Daerah

Dengan menjadi peserta BPJS membuat masyarakat bisa mendapatkan keringanan biaya dalam pengobatan atau perawatan medis. Untuk bisa berobat, peserta terlebih dahulu ke faskes yang bekerja sama dengan BPJS dan yang dipilih saat mendaftar kepesertaannya.

Faskes nantinya akan memberikan layanan kesehatan kepada para peserta BPJS yang sakit sesuai dengan prosedur sistem rujukan yang berlaku. Untuk faskes tingkat pertama seperti Puskesmas, Klinik Pertama, Praktek Dokter dan Rumah Sakit Kelas D akan melanjutkan pasien ke faskes lanjutan seperti Rumah Sakit Umum, Rumah Sakit Khusus dan Klinik Utama dengan catatan tertentu dalam surat rujukan.

Oleh sebab itu, usahakan untuk memilih faskes tingkat pertama yang tidak jauh dari rumah sebab saat hendak berobat kita tidak perlu menempuh perjalanan yang lama. Kamu bisa mengecek faskes BPJS untuk semua daerah dengan mudah baik secara offline maupun online, cukup sesuaikan dengan kebutuhan masing – masing.

Cara Cek Faskes BPJS Secara Offline

Untuk mengecek faskes BPJS secara online pun tidaklah sulit, cukup mendatangi kantor BPJS terdekat  dan lakukan langkah – langkah berikut:

  • Jika sudah sampai ke kantor BPJS terdekat, langsung saja masuk dan ambil nomor antrian.
  • Tunggu hingga tiba nomor antrian kamu dan apabila sudah gilirannya maka katakan maksud tujuan kamu ke petugas.
  • Petugas akan meminta alamat tempat tinggal kamu dengan jelas.
  • Nantinya petugas akan memberitahu alamat faskes terdekat dari tempat tinggal kamu.
BACA  Cara Mudah Mendapatkan Username dan Password e-Dabu BPJS Kesehatan

Cara Cek Faskes BPJS Secara Online

Selain bisa secara offline, kamu juga bisa menggunakan cara online untuk mengecek faskes BPJS, yakni dengan langkah – langkah berikut:

  • Buka laman resmi BPJS Kesehatan di bpjs-kesehatan.go.id menggunakan browser yang biasa kamu pakai.
  • Selanjutnya pilih menu “Layanan” lalu pilih “Fasilitas Kesehatan”.
  • Isi lengkap kolom yang kosong mulai dari Provinsi, Kabupaten hingga Jenis Faskes yang sesuai dengan tempat tinggal kamu.
  • Terakhir tap tombol “Tampilkan”. Dengan begitu kamu bisa melihat informasi lengkap mengenai alamat faskes BPJS terdekat dari alamat tempat tinggal kamu.

Dengan cara online tentu kamu bisa lebih menghemat waktu tanpa harus keluar rumah dan mengantri. Cukup menggunakan smartphone  yang terhubung dengan koneksi internet saja.

Itulah cara mudah cek faskes BPJS untuk semua daerah. Semoga bisa bermanfaat dan selamat mencoba ya.