Cara Mudah Cek Tagihan BPJS Secara Online dan Offline

Cara Mudah Cek Tagihan BPJS Secara Online dan Offline

Diposting pada

InfoBPJS.idCara Mudah Cek Tagihan BPJS Secara Online dan Offline. Sebagai peserta BPJS Kesehatan, khususnya peserta mandiri yang memiliki kewajiban untuk membayar iuran perbulannya maka perlu mengetahui cara untuk cek tagihan BPJS. Sekarang ini pun kita sudah bisa melakukannya secara online maupun offline. Dan dari sekian banyaknya cara yang bisa kita gunakan, kali ini kita akan membahas cara termudah yang patut untuk dicoba. Mari langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Cek Tagihan BPJS Secara Online dan Offline

Untuk bisa menggunakan layanan kesehatan BPJS Kesehatan, maka peserta perlu membayar iuran perbulannya terkecuali dengan peserta KIS yang mana iurannya juga ditanggung penuh oleh pemerintah. Selain peserta KIS, maka perlu untuk memastikan sudah membayar iuran tepat pada waktunya, sebab jika tidak maka akan kesulitan bahkan tak akan mendapatkan layanan kesehatan dari BPJS Kesehatan.

BPJS juga sudah bekerja sama dengan berbagai bank, dompet digital, e-commerce hingga minimarket untuk memudahkan pesertanya yang ingin melakukan pembayaran iuran. Bahkan peserta juga bisa mengecek terlebih dahulu besaran nominal yang akan bayarkan sebagai iuran BPJS Kesehatan, mulai dari cara online hingga cara offline.

Cara Mudah Cek Tagihan BPJS Secara Online dan Offline

Seperti yang kita sebutkan sebelumnya, bahwa ada banyak sekali cara yang bisa kita gunakan untuk mengecek tagihan, namun kali ini kita akan membahas yang termudah agar kamu tidak lagi kesulitan dalam mengecek tagihan BPJS Kesehatan.

1. Secara Online

Sebenarnya ada banyak cara online yang bisa kita gunakan untuk cek tagihan BPJS Kesehatan, namun dengan aplikasi JKN Mobile maka kamu bisa lebih mudah dan praktis. Adapun caranya sebagai berikut:

  • Buka aplikasi JKN Mobile yang telah kamu unduh melalui Play Store ataupun App Store.
  • Kemudian login menggunakan NIK ataupun nomor BPJS kamu.
  • Setelah itu, tap “Menu Lainnya”.
  • Lanjut dengan tap menu “Info Iuran”.
  • Dengan begitu kamu bisa melihat rincian tagihan iuran BPJS yang harus kamu bayarkan.
BACA  Manfaat Menjadi Peserta BPJS Kesehatan

2. Secara Offline

Untuk cara offline, kamu bisa langsung mengunjungi Indomaret ataupun Alfamart terdekat. Datangi petugas kasir lalu tunjukkan nomor BPJS Kesehatan kamu. Dengan begitu, kasir akan mengecek dan memberitahu rincian tagihan BPJS Kesehatan yang harus kamu bayarkan. Bahkan kamu juga bisa langsung melakukan pembayaran saat itu juga dengan bantuan petugas kasir tersebut.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan kali ini mengenai cara mudah cek tagihan BPJS secara online dan offline. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.