Cara Mudah Cetak Kartu BPJS Kesehatan Melalui New Edabu

InfoBPJS.id – Hampir seluruh rakyat Indonesia telah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan dan tentunya mereka pun berhak untuk mendapatkan kartu BPJS Kesehatan agar bisa mendapatkan layanan kesehatan pada faskes terdaftar. Namun, ada beberapa hal yang menyebabkan kartu BPJS Kesehatan peserta hilang sehingga perlu mencetak kembali. Nah, kali ini kita akan membagikan cara cetak kartu BPJS Kesehatan melalui New Edabu yang merupakan salah satu layanan milik BPJS Kesehatan. Mari langsung saja kamu ikuti ulasan lengkap berikut ini.

Cetak Kartu BPJS Kesehatan Melalui New Edabu

BPJS Kesehatan telah menyediakan beberapa kanal yang bisa kita gunakan untuk mengakses layanan kesehatan, salah satunya New Edabu. Dengan menggunakan New Edabu, kita bisa mendaftar hingga mencetak kartu kepesertaan dengan mudah dan online. Hal ini didukung fitur bermanfaat yang ada pada New Edabu.

Sementara itu, untuk mencetak kartu BPJS Kesehatan melalui New Edabu, kita harus memiliki username dan password dengan melakukan registrasi terlebih dahulu. Dan pastikan juga kamu telah menyiapkan nomor kartu atau nomor peserta yang ingin kamu cetak Kartu BPJS Kesehatannya. Apabila kamu lupa nomor peserta dan kartunya pun hilang maka bisa menghubungi Call Center BPJS terlebih dahulu untuk meminta nomor kartu BPJS kamu.

Cetak Kartu BPJS Kesehatan Melalui New Edabu

Apabila kamu sudah memiliki akun New Edabu dan juga telah menyiapkan nomor kartu yang ingin kamu cetak Kartu BPJS Kesehatannya, maka selanjutnya kamu bisa mulai cetak kartu BPJS melalui New Edabu dengan cara berikut ini:

  • Masuk ke situs New Edabu BPJS Kesehatan di edabu.bpjs-kesehatan.go.id/edabu/home/login.
  • Kemudian login menggunakan username dan password akun kamu.
  • Selanjutnya klik menu “Peserta ->Input Data”.
  • Lanjut dengan pilih “No JKN-KIS” lalu masukkan nomor kartu yang ingin kamu cetak.
  • Setelah itu pilih jenis mutasi dengan pilih “Cetak KIS” lalu klik “Next”.
  • Selanjutnya sistem akan mendownload kartu BPJS Kesehatan kamu dan tersimpan langsung ke galeri kamu.
  • Selesai, kamu bisa langsung mencetaknya menggunakan printer sendiri atau di toko percetakan.
BACA  Prosedur USG Menggunakan BPJS Kesehatan

Akhir Kata

Demikianlah cara cetak kartu BPJS melalui New Edabu yang bisa kamu gunakan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.