Cara Mudah Cetak Kartu BPJS Ketenagakerjaan

InfoBPJS.idCara Mudah Cetak Kartu BPJS Ketenagakerjaan – Sebagian peserta BPJS Ketenagakerjaan masih ada yang belum tahu cara untuk mencetak kartu kepesertaannya, pdahal caranya sangatlah mudah dan praktis. Oleh karena itu, pada postingan kali ini kita akan membahas cara mudah untuk mencetak kartu BPJS Ketenagakerjaan. Berikut ulasan selengkapnya.

Cetak Kartu BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

Salah satu kemudahan dalam mengakses BPJS Ketenagakerjaan adalah secara online. Tidak hanya untuk melakukan pendaftaran, kita juga bisa mencetak kartu kepesertaan secara online, baik menggunakan aplikasi Ketenagakerjaan ataupun website resmi BPJS Ketenagakerjaan.

Untuk aplikasi BPJS Ketenagakerjaan, kita bisa mengunduhnya terlebih dahulu pada Play Store ataupun App Store secara gratis. Namun jika menggunakan website resmi BPJS Ketenagakerjaan, artinya kamu tidak perlu lagi menambahkan aplikasi apapun. Dengan dua pilihan tersebut tentu kamu tidak perlu repot lagi untuk mencetak kartu kepesertaan ke kantor BPJS, cukup bermodalkan smartphone dan jaringan internet saja.

Cara Mudah Cetak Kartu BPJS Ketenagakerjaan

Sesuai dengan yang kita bahas sebelumnya bahwa ada dua pilihan untuk mencetak kartu BPJS Ketenagakerjaan dan kita akan membahas kedua cara tersebut.

1. Menggunakan Aplikasi BPJSTKU

Aplikasi ini bisa digunakan untuk mencetak kartu BPJS Ketenagakerjaan, baik bagi mereka yang mendaftar secara online meaupun kekantor BPJS langsung. Dan berikut langkah – langkah menggunakan aplikasi BPJSTKU untuk mencetak kartu BPJS Ketenagakerjaan:

  • Download terlebih dahulu aplikasi BPJSTKU pada Play Store ataupun App Store.
  • Jika sudah, buka dan login menggunakan akun BPJSTKU Jika kamu belum memiliki akun tersebut, kamu harus melakukan registrasi terlebih dahulu menggunakan alamat email, nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan dan nomor HP.
  • Setelah berhasil login, langkah berikutnya kamu pilih menu “Kartu Digital”.
  • Akan ada dua pilihan, yaitu “Simpan Kartu ke Galeri” untuk menyimpannya dalam memori penyimpanan foto dan “Kirim Kartu ke Email” untuk mengunduhnya melalui email yang kamu gunakan.
  • Pilih salah satunya dan lakukan pencetakan sesuai opsi yang kamu pilih.
BACA  Cara Mengatasi dan Penyebab Tidak Bisa Login BPJSTKU

2. Melalui Website Resmi BPJS Ketenagakerjaan

Pilihan kedua adalah dengan melalui website resmi BPJS Ketenagakerjaan yang caranya tidak jauh berbeda dengan menggunakan aplikasi BPJSTKU, yakni seperti berikut ini:

  • Buka dan masuk ke situs BPJS Ketenagakerjaan pada laman go.id
  • Kemudian kamu pilih pada menu “Layanan Peserta”, lalu lanjut dengan klik “Tenaga Kerja” dan klik “Masuk”.
  • Dari beberapa pilihan yang muncul, kamu bisa pilih dan pilih opsi “BPJSTKU”.
  • Setelah itu kamu akan masuk ke laman yang mana kamu harus login menggunakan akun yang sudah kamu daftarkan sebelumnya.
  • Setelah berhasil login, kamu bisa pilih menu “Kartu Digital”.
  • Pilih kartu yang akan kamu cetak dan simpan gambarnya.
  • Dengan begitu, kamu bisa mencetak gambar yang telah tersimpan pada perangkat kamu.

Itulah cara mudah untuk cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan yang bisa kamu gunakan. Bagaimana? Sangat mudah bukan? Dengan begitu kamu tidak perlu lagi ke kantor BPJS untuk mencetak kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan kamu. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya.