Cara Mudah Daftar BPJS Kesehatan Melalui Aplikasi Mobile JKN

Cara Mudah Daftar BPJS Kesehatan Melalui Aplikasi Mobile JKN

Diposting pada

InfoBPJS.id – Bagi kamu yang belum mendaftar dan bergabung dengan program BPJS Kesehatan, maka segeralah mendaftar. Sebab dengan menjadi peserta BPJS Kesehatan kita bisa mendapatkan manfaat khususnya dalam layanan kesehatan. Nah, jika kamu salah satunya yang belum mendaftar BPJS Kesehatan, maka silakan simak ulasan kali ini yang akan membagikan cara mudah daftar BPJS Kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN.

Daftar BPJS Kesehatan Melalui Aplikasi Mobile JKN

Ada banyak sekali manfaat khususnya dalam layanan kesehatan yang bisa didapatkan peserta BPJS Kesehatan. Selain itu, berbagai kepentingan administrasi sekarang ini juga menjadikan kartu kepesertaan BPJS Kesehatan sebagai salah satu syarat.

Dengan mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, masyarakat bisa mendapatkan layanan kesehatan dengan biaya yang lebih murah bahkan gratis. Dan sudah menjadi kewajiban untuk seluruh warga Indonesia menjadi anggota BPJS Kesehatan, ini berdasarkan UU Nomor 24 Tahun 2011 mengenai Program Jaminan Kesehatan Nasional.

Kini BPJS Kesehatan juga telah menyediakan layanan online untuk memudahkan peserta maupun calon peserta yang ingin mengakses layanannya. Seperti halnya dengan aplikasi Mobile JKN yang bahkan bisa digunakan untuk mendaftar BPJS Kesehatan. Aplikasi tersebut juga bisa dengan mudah kita unduh secara gratis melalui Play Store ataupun App Store.

Cara Mudah Daftar BPJS Kesehatan Melalui Aplikasi Mobile JKN

Jika kamu sudah mendownload aplikasi Mobile JKN, maka selanjutnya kamu bisa menggunakan langkah-langkah berikut ini untuk mendaftar BPJS Kesehatan.

  • Buka aplikasi Mobile JKN lalu tap menu “Daftar”.
  • Selanjutnya pilih menu “Pendaftaran Peserta”.
  • Kemudian tap pernyataan “Saya Setuju Setelah Membaca Semua Ketentuan Pendaftaran”.
  • Lanjut dengan memasukkan NIK KTP dan kode Captcha.
  • Setelah itu kamu akan melihat daftar data keluarga calon peserta BPJS Kesehatan, kamu bisa lanjut dengan mengisi data diri secara lengkap dan tap “Selanjutnya” jika sudah selesai.
  • Selanjutnya pilih faskes yang kamu inginkan lalu masukkan email dan tap “Simpan”.
  • Salin kode verifikasi yang masuk ke email yang kamu daftarkan pada aplikasi Mobile JKN.
  • Dengan begitu kamu akan mendapatkan virtual account untuk kemudian melakukan proses pembayaran premi.
  • Kamu bisa melakukan pembayaran premi melalui ATM, Mobile Banking, kantor pos ataupun supermarket seperti Indomaret dan Alfamart.
  • Kamu akan resmi terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan jika telah menyelesaikan proses pembayaran premi.
BACA  Cara Menonaktifkan BPJS Kesehatan Online dan Offline

Akhir Kata

Itulah ulasan mengenai cara mudah daftar BPJS melalui aplikasi Mobile JKN. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.