Cara Mudah Menonaktifkan Autodebet BPJS Layanan Bank

InfoBPJS.id – Jika kamu sudah terlanjur mengaktifkan autodebet BPJS namun ternyata untuk saat ini kondisi kamu tidak memungkinkan untuk melakukan pembayaran secara autodebet, maka kamu perlu melanjutkan dan menyimak postingan kali ini. Sebab kita akan membahas cara mudah menonaktifkan autodebet BPJS layanan Bank. Berikut ulasan selengkapnya.

Menonaktifkan Autodebet BPJS Layanan Bank

Adanya metode pembayaran autodebet sangat membantu kita yang sering lupa dengan tanggal dan jatuh tempo iuran BPJS, sebab dengan metode ini kita tak perlu khawatir akan keterlambatan pembayaran iuran BPJS dan secara otomatis akan dibayarkan pada tanggal yahg telah ditentukan.

BPJS pun telah bekerjasama dengan bank – bank ternama di Indonesia agar peserta BPJS bisa lebih maksimal dalam melakukan pembayaran autodebet. Bahkan tidak hanya melalui bank saja, peserta juga bisa menggunakan layanan autodebet BPJS non rekening bank seperti melalui Mobile Cash.

Sayangnya, kita tidak akan selalu berada pada posisi aman sehingga bisa saja perekonomian kita pun tidak stabil. Dan jika sudah demikian, maka pembayaran autodebet akan menjadi beban dan jalan terakhir adalah dengan menonaktifkan autodebet.

Cara Menonaktifkan Autodebet BPJS Layanan Bank

Untuk menonaktifkan autodebet BPJS layanan bank pun sangat mudah dan bisa dilakukan semua orang. Kamu cukup mendatangi kantor cabang bank yang kamu gunakan untuk membayarkan autodebet BPJS kamu tersebut. Dan temui petugas atau teller yang berjaga lalu sampaikan maksud dan tujuan kamu, yakni menonaktifkan autodebet BPJS.

Dengan begitu petugas atau teller tersebut akan membantu melakukan penonaktifan autodebet kamu. Apabila sudah selesai, maka petugas akan memberitahu kamu bahwa penonaktifan autodebet telah berhasil dan saat itu juga kamu mulai bisa melakukan pembayaran iuran BPJS secara manual yang mana pembayaran paling akhir biasanya tanggal 10 untuk setiap bulan.

BACA  Daftar Iuran BPJS Kesehatan

Persyaratan yang Dibutuhkan

Sebelum kamu ke kantor cabang Bank bersangkutan maka kamu perlu mempersiapkan persyaratan yang nantinya kamu butuhkan dalam melakukan penonaktifan autodebet BPJS, yakni:

  • Kartu Tanda Penduduk.
  • Buku rekening tabungan.
  • Kartu ATM yang kamu gunakan.

Selain itu, kamu juga bisa membawa Kartu Keluarga, kartu BPJS dan Kartu Indonesia Sehat untuk berjaga – jaga apabila nantinya kamu perlukan.

Sekian ulasan mengenai cara mudah menonaktifkan autodebet BPJS layanan bank. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi informasi yang berguna bagi kita semua.