Cara Nonaktifkan BPJS Kesehatan Karena Meninggal Dunia Via Online

Cara Nonaktifkan BPJS Kesehatan Karena Meninggal Dunia Via Online

InfoBPJS.id – Artikel ini akan membahas tentang bagaimana Cara Nonaktifkan BPJS Kesehatan Karena Meninggal Dunia Via Online. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan merupakan jaringan pengaman kesehatan yang mewajibkan peserta untuk membayar iuran pada setiap bulannya. Tetapi setelah peserta BPJS meninggal dunia, kamu perlu dan wajib menonaktifkan kepesertaan BPJS supaya tidak ada pemotongan iuran.

Bagi masyarakat yang mempunyai anggota keluarga yang sudah meninggal dunia, harus menonaktifkan kepesertaan BPJS Kesehatan. Berikut ini adalah beberapa syarat dan cara untuk menonaktifkan BPJS akibat meninggal dunia melalui online yang perlu kamu ketahui.

Persyaratan menonaktifkan BPJS Karena Meninggal

Menonaktifkan kepesertaan BPJS Kesehatan bagi peserta yang meninggal, anggota keluarga dapat melakukannya via online melalui Pandawa. Berikut ini adalah syarat yang perlu kamu siapkan untuk nonaktifkan BPJS.

  • Surat keterangan meninggal dunia yang diterbitkan oleh Faskes/Kelurahan/RT atau akta kematian yang dikeluarkan oleh Dukcapil.
  • KTP atau indentitas kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari peserta yang telah meninggal dunia.
  • KK atau Kartu Keluarga.

Kamu bisa menyiapkan file tersebut dalam bentuk file PDF atau softcopy. Lalu keluarga dapat menggunggah file tersebut dengan menghubungi petugas frontiner Pandawa atau administrasi.

Cara Nonaktifkan BPJS Kesehatan Akibat Meninggal Dunia Via Online

  • Langkah pertama silahkan kamu simpan nomor WhatsApp Pandawa yaitu 08118165165 dan kirim pesan WhatsApp ke nomor pandawa tersebut pada jam kerja.
  • Setelah itu kamu akan menerima link atau URL dari pandawa yang hanya bisa kamu akses selama 1 jam saja.
  • Silahkan kamu klik Link atau URL tersebut dan pilih menu pengajuan Pengurangan Anggota Keluarga Pekerja Penerima Upah (PPU) atau Peserta pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU).
  • Selanjutnya silahkan ikuti pentunjuk yang ada dengan mengunggah dokumen yang diminta dalam pengajuan tersebut. Lalu kirim.
  • Apabila sudah selesai, status kepesertaan JKN akan otomatis nonaktif dan tagihan iuran peserta JKN otomatis terhenti.
BACA  Cara Menambahkan Anggota Keluarga Sebagai Peserta Bpjs Kesehatan

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan dan panduan Cara Nonaktifkan BPJS Kesehatan Karena Meninggal Dunia Via Online. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan dapat kamu terapkan bagi yang membutuhkannya.

You May Also Like

About the Author: admin