Cara Pindah BPJS Ikut Suami

Cara Pindah BPJS Ikut Suami

Diposting pada

InfoBPJS.id – Seorang istri yang juga merupakan peserta BPJS Kesehatan bisa memindahkan BPJS miliknya mengikuti suami. Hal ini bisa mempermudah proses pembayaran penagihan iuran yang nantinya akan masuk dalam virtual account yang sama. Nah, untuk mengurus perpindahan BPJS mengikuti suami pun ada beberapa cara yang bisa kita lakukan, seperti yang akan kita bahas pada postingan kali ini. Mari langsung saja simak ulasan mengenai cara pindah BPJS ikut suami berikut ini.

Syarat Pindah BPJS Ikut Suami

Untuk bisa pindah BPJS ikut suami, peserta harus mengurus KK yang baru terlebih dahulu bersama pasangannya. Selain itu, ada beberapa syarat lagi yang harus dipersiapkan, diantaranya adalah:

  • 1. KTP asli suami dan istri beserta fotokopiannya.
  • 2. Kartu Keluarga suami dan istri terbaru.
  • 3. Kartu Keluarga lama suami.
  • 4. Kartu Keluarga lama istri.
  • 5. Kartu BPJS asli milik suami dan istri.

Cara Pindah BPJS Ikut Suami

Setelah mengantongi semua persyaratan, maka selanjutnya peserta sudah bisa mendatangi kantor BPJS Kesehatan terdekat dan mengikuti instruksi serta alur pelayanan untuk mengurus pindah BPJS ikut suami. Namun ada baiknya sebelum mendatangi kantor BPJS Kesehatan setempat, peserta menghubungi pihak call center BPJS Kesehatan melalui nomor telepon 1500 400.

Berhubung kita dalam masih dalam masa pandemi, hampir semua layanan mengalami perubahan prosedur dan memberlakukan jam operasional hingga membatasi kuota pengunjung. Sehingga, dapatkan terlebih dahulu informasi mengenai jam operasional kantor BPJS Kesehatan terdekat yang akan didatangi dan apakah memerlukan registrasi secara online sebelum mendatangj kantor BPJS Kesehatan tersebut.

BACA  Tiga Kelas BPJS Kesehatan dan Fasilitasnya

Cara Pindah BPJS Ikut Suami Secara Online

Peserta juga bisa mengurus perpindahan BPJS ikut suami secara online dengan menggunakan layanan customer care melalui Whatsapp, yakni PANDAWA. Layanan tersebut memiliki banyak manfaat, nulai dari pendaftaran peserta mandiri baru, pendaftaran bayi baru lahir, mengubah data identitas, menonaktifkan peserta yang telah meninggal hingga menambahkan anggota keluarga baru.

Nomor Whatsapp PANDAWA pun berbeda-beda berdasarkan kantor cabang BPJS Kesehatan pada kota atau kabupaten tempat tinggal masing – masing peserta. Untuk mengetahui nomor PANDAWA pada tempat domisili kamu, maka bisa menghubungi nomor Whatsapp 08118750400. Nantinya customer care PANDAWA BPJS Kesehatan akan membantu peserta dalam melakukan proses pindah BPJS Kesehatan ikut suami.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan dan panduan yang perlu kamu ketahui mengenai BPJS Kesehatan. Semoga bisa berguna dan menjadi tambahan informasi yang bermanfaat untuk semua.